Cara Membersihkan Perhiasan di Rumah, dari Perak, Emas hingga Batu Permata

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi aneka perhiasan. Unsplash.com/Tom Quandt

Ilustrasi aneka perhiasan. Unsplash.com/Tom Quandt

IKLAN

Cara Membersihkan Batu Permata

1. Campuran larutan pembersih

Mirip dengan membersihkan perak dan emas, menggunakan larutan pembersih sederhana dari beberapa tetes cairan pencuci piring dan air hangat adalah cara terbaik. Menggunakan hal-hal seperti soda kue dan pasta gigi dapat menggores permukaan batu dan merusaknya.

2. Rendam permata

Jika batu permata Anda sangat kotor, Anda bisa merendamnya dalam campuran larutan pembersih Anda. Namun, lakukan dengan singkat, hanya beberapa menit saja, karena tergantung jenis batunya, merendam terlalu lama bisa merusak polesan batu.

Ilustrasi Perhiasan. freepik.com

3. Gosok perlahan dengan sikat gigi

Sikat gigi berbulu halus sangat bagus untuk membersihkan perhiasan batu permata karena dapat membersihkan sela-sela area sempit yang sulit dibersihkan. Ingatlah, menggosok dengan lembut agar permukaan batu tidak tergores.

4. Bilas dengan air hangat

Setelah Anda menggosok batu permata dengan baik, bilas dengan air hangat yang mengalir. Ini akan membantu membilas kotoran dan kotoran yang masih menempel di bawah cabang dan setelan.

5. Keringkan dengan kain lembut

Salah satu cara terbaik untuk mengeringkan perhiasan batu permata adalah mengeringkannya dengan kain lembut. Meskipun Anda mungkin tergoda untuk mengibaskan perhiasan hingga kering, Anda bisa berisiko kehilangan batu jika digosok hingga terlepas saat dibersihkan. Kuncinya adalah berhati-hati dengan setiap langkah pembersihan perhiasan Anda agar tetap dalam kondisi baik dan semua batu tetap utuh

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."