Ketahui Jumlah Kalori Kentang Rebus Menurut Dokter Gizi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kentang rebus. Mykingcook.com

Ilustrasi kentang rebus. Mykingcook.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa orang mengganti nasi dengan kentang rebus demi menurunkan berat badan. Sayuran yang termasuk jenis umbi-umbian rendah kalori dan lemak. Tak hanya itu, kentang juga kaya akan vitamin dan mineral, terutama kalium, fosfor, vitamin B kompleks dan vitamin C. Menyambung soal kalori, berapa jumlah tepatnya kalori kentang rebus

Dokter spesialis gizi Raissa Djuanda mengatakan, kentang yang direbus bisa menggantikan nasi karena sama-sama sumber karbohidrat. Dalam 200 gram kentang (dua buah ukuran sedang) jumlah kalorinya senilai 175 kkal, setara dengan nasi 100 gram.

"Asupan karbohidrat disarankan konsumsinya 2-4 porsi per hari jadi kalau tidak makan nasi dan tidak makan sumber karbohidrat lainnya, hanya makan kentang bisa 400-800 gram per hari," ucap Raissa saat dihubungi Tempo pada Ahad, 7 Juni 2020.

Perlu diketahui, selain kalori 175 kkal, setiap 200 gram kentang rebus juga mengandung protein 4 gram, serat 4 gram, kalsium 24 gram, zat besi 1,6 miligram, kalium 850 miligram, vitamin C, magnesium, fosfor, natrium, zinc, selenium, dan sedikit vitamin B kompleks.

Untuk mendapatkan beragam manfaat di atas, Anda juga harus bijak dalam mengolahnya. Selain direbus, Anda bisa memanggang atau mengukusnya. Tetapi, tak disarankan menggoreng kentang karena berpotensi meningkatkan kandungan kalori.

Alih-alih digoreng, cobalah mengiris kentang dan kemudian memanggangnya dalam oven dengan sedikit minyak zaitun extra virgin dan taburan rosemary. Pastikan untuk tidak menghilangkan kulit kentang, karena sebagian besar nutrisi berada di sana. 

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."