Cara Merebus Kentang yang Tepat, Ada 6 Langkahnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kentang rebus. Mykingcook.com

Ilustrasi kentang rebus. Mykingcook.com

IKLAN

3. Mengupas Kentang

Selanjutnya, jika Anda membuat hidangan yang membutuhkan kentang kupas, Anda harus membuang kulitnya sebelum merebusnya. Mengapa? Menangani kentang panas yang baru saja direbus jelas tidak disarankan. Plus. menghapus kulit kentang sebelum direbus jauh lebih mudah jika Anda memiliki peralatan yang tepat. 

4. Potong Kentang

Kemudian, setelah kentang dikupas, Anda bisa menyimpan kentang utuh atau memotongnya menjadi potongan yang lebih kecil. Semakin kecil potongannya, semakin cepat kentang melunak, yang dapat membantu mempercepat proses memasak, terutama jika Anda sedang terburu-buru.

Selain itu, potongan yang lebih kecil jauh lebih mudah untuk dikerjakan jika membuat hidangan dari awal, seperti kentang tumbuk, yang melibatkan kerja tangan yang berat.

Perlu diingat bahwa untuk memastikan semuanya matang secara merata, penting untuk memotongnya dengan bentuk yang sama. Dengan begitu, semua potongan kentang akan siap pada saat yang sama, dan Anda tidak perlu menusukkan pisau ke setiap potongan kentang untuk menguji tingkat kematangannya.

Ilustrasi kupas kentang. kfetele.ru

5. Masukkan Kentang saat Air Masih Dingin

Masukkan kentang ke dalam panci berisi air saat masih dingin, lalu didihkan. Mengapa? Saat air perlahan menghangat, kentang keras bisa dimasak dengan lebih merata.

Jika Anda menambahkannya setelah air mendidih, itu akan memasak permukaan luar lebih cepat daripada bagian dalam. Itulah sebabnya Anda perlu menambahkan beberapa menit lagi ke pengatur waktu karena Anda akan merasa kentang terlalu keras. 

6. Tambahkan Garam

Meskipun cara merebus kentang dan pasta tidak sama, mereka memiliki satu kesamaan, yakni mengasinkan air adalah suatu keharusan. Saat kentang dan pasta dihangatkan, pati dalam makanan ini dapat lebih mudah menyerap rasa dalam cairan masakan daripada saat mentah atau didinginkan. Inilah mengapa penting juga untuk mengasinkan air. Kecuali jika Anda tidak keberatan dengan kentang tumbuk yang tidak dibumbui. Plus, untuk lebih banyak rasa, Anda juga bisa mengganti air biasa dengan kaldu sayuran atau ayam untuk lebih meresapi kentang yang rasanya netral dengan lebih nikmat.

Aturan praktisnya adalah menambahkan sekitar satu hingga dua sendok makan garam per pon kentang ke dalam air. Atau Anda selalu dapat menambahkan beberapa bahan penyedap tambahan seperti mentega, krim vegan atau bebas susu untuk kentang tumbuk sempurna dan lezat yang pernah Anda miliki.

Pilihan Editor: 6 Cara Memanggang Kentang, di Oven hingga Air Fryer

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."