5 Cara Mengatasi Mood Swing bagi Penderita PCOS

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi bad mood (pixabay.com)

ilustrasi bad mood (pixabay.com)

IKLAN

3. Tidur Nyenyak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menghasilkan peningkatan resistensi insulin sebesar 50 persen hanya dalam beberapa hari. Dalam praktiknya, ini berarti bahwa penderita PCOS akan mengalami peningkatan kadar glukosa darah sebesar 50 persen, meskipun mengikuti pola makan yang sehat, jika tidurnya tidak tepat.

Sayangnya, penelitian juga menunjukkan bahwa masalah tidur mungkin 50-100 persen lebih tinggi pada penderita PCOS dibandingkan dengan wanita tanpa kondisi tersebut.

Oleh karena itu, mempraktikkan pola tidur seperti tidur dan bangun pada waktu yang tetap, mematikan perangkat sebelum tidur, mempraktikkan teknik relaksasi dan menghindari penggunaan zat sebelum tidur termasuk cara mengatasi mood swing bagi penderita PCOS.

4. Latih Teknik Manajemen Stres

Stres terkadang terasa tak terhindarkan, tetapi demi kebaikan penting mengetahui cara mengelola tingkat stres. Berlatih meditasi, perhatian penuh, membuat jurnal, dan melakukan hobi atau aktivitas santai dapat membantu meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Mengetahui pemicu Anda dan mengelolanya sebelumnya akan membantu.

Latih diri Anda sendiri tentang segala hal yang berkaitan dengan PCOS untuk mengetahui cara mengelola kondisi dan meningkatkan kesejahteraan emosional Anda. Mengetahui bahwa ada beberapa cara untuk membantu diri sendiri dapat memotivasi Anda dan membuat Anda merasa lebih berdaya.

5. Terapi Perilaku Kognitif (CBT)

CBT adalah jenis psikoterapi yang dapat membantu Anda mengidentifikasi dan mengubah pola pikir yang tidak membantu atau negatif serta mempelajari teknik self-help yang praktis.

CBT digunakan untuk berbagai masalah kesehatan emosional mulai dari kecemasan hingga depresi. Pedoman berbasis bukti internasional untuk PCOS juga merekomendasikan CBT untuk membantu pasien dengan kondisi ini.

Seorang terapis atau konselor dapat membimbing dan bekerja sama dengan Anda untuk membantu Anda menerapkan strategi ini setelah penilaian menyeluruh atas masalah sekaligus gejala Anda.

Dengan PCOS, penting untuk mendapatkan pendekatan holistik saat merawat gejalanya. Dan kesehatan mental Anda sama pentingnya dengan kesehatan fisik Anda. Banyak gangguan mood PCOS terkait dengan ketidakseimbangan hormon yang mendasarinya sehingga mengobati PCOS secara holistik juga dapat membantu mengatasi gejala ini.

Pilihan Editor: Sederet Pengobatan bagi Penderita PCOS, Pil KB hingga Terapi Progestin

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."