Infeksi Akibat Tindik Telinga: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memegang telinga. Foto: Freepik.com/evening_tao

Ilustrasi wanita memegang telinga. Foto: Freepik.com/evening_tao

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebelum tindik telinga, sangat dianjurkan meneliti penindik Anda dan pergi ke seseorang yang Anda percayai. Akan tetapi,  jika Anda pergi ke tukang tindik yang bersih, terampil, dan rajin membersihkan tindik telinga, selalu ada kemungkinan tindik telinga dapat terinfeksi.

Jika telinga Anda mengalami bengkak, keluar cairan, hangat, atau kemerahan usai tindik telinga, itu semua adalah tanda bahwa Anda mungkin mengalami infeksi, kata Rebecca Marcus, dokter kulit di Dallas dan pendiri perawatan kulit Maei MD.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut tanda, penyebab, dan cara mengatasinya.

Tanda Infeksi Akibat Tindik Telinga

Jika Anda baru saja ditindik, hal yang wajar akan menjadi sedikit merah, nyeri, dan bengkak. Itu bagian dari proses penindikan baru, jelas Sarah Lacy, manajer senior penelitian dan inovasi penindikan di Rowan, studio penindikan yang dipimpin oleh perawat.

“Setiap orang sembuh dengan cara yang berbeda, tetapi umumnya, Anda dapat mengharapkan tanda ini mereda dengan sendirinya dalam satu hingga tiga hari,” kata Lacy, seperti dilansir Glamour, 22 Februari 2023.

Tapi lain ceritanya, bila infeksi tersebut berwarna kuning atau hijau, atau gejala lainnya tidak cepat sembuh, itu alasan untuk konsultasi dengan dokter. Dalam beberapa kasus, menurut dr. Marcus, beberapa orang mengalami demam saat alami infeksi akibat tindik telinga.

Penyebab Infeksi Akibat Tindik Telinga

Tindik telinga dapat terinfeksi saat rambut melilit anting, saat tindikan baru tidak dibersihkan secara efektif dan menyeluruh, atau saat telinga bersentuhan dengan bakteri dan kotoran, jelas Dr. Marcus.

Maka dari itu, lanjutnya, penting untuk membersihkan tindikan baru dua kali sehari menggunakan antiseptik dan cuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang telinga.

Kebanyakan penindik akan memberikan larutan garam yang mereka rekomendasikan usai tindikan. Rowan memiliki pembersih dan semprotan garamnya sendiri yang disebut Advanced Ear Cleansing Solution yang dimaksudkan untuk membantu mempercepat waktu pemulihan pasca penindikan.

Cara Mengatasi Infeksi Akibat Tindik Telinga

“Tindik telinga yang terinfeksi harus dirawat dengan membersihkan dua kali sehari dengan larutan antiseptik dan mengoleskan salep antibiotik,” kata Dr. Marcus.  "Jika Anda pernah menggunakan salep tertentu di masa lalu tanpa masalah, kemungkinan besar tidak apa-apa untuk menggunakannya lagi."

Secara umum, tidak disarankan melepas anting kecuali jika menyebabkan reaksi alergi, kata Lacy.

"Dengan tetap memasukkan anting-anting, Anda memungkinkan saluran drainase keluar dari tindikan." Dia merekomendasikan untuk menemui penyedia perawatan primer Anda jika ketidaknyamanan Anda tidak kunjung hilang, karena mereka dapat menilai situasinya dan akan menangani lebih tepat. Mereka mungkin meminta Anda melepas anting-anting jika diperlukan dan akan meresepkan perawatan terbaik untuk Anda.

Cara Mencegah Infeksi di Masa Mendatang

Jika Anda pernah mengalami infeksi akibat tindik telinga, kemungkinan besar Anda tidak ingin mengalaminya lagi, bukan? Lacy mengatakan pencegahan adalah obat terbaik untuk mencegah infeksi ulang pada tindikan Anda.

Dia merekomendasikan untuk tidak menyentuh tindikan Anda kecuali Anda mengganti perhiasan atau membersihkan area tersebut. Dan jika Anda akan menyentuhnya, pastikan untuk mencuci tangan dengan benar dengan sabun antibakteri sebelumnya.

Pilihan Editor: Tindik Telinga Bayi Perempuan, Ini Waktu dan Prosedur yang Tepat

GLAMOUR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."