Mengenal Micro-Dating, Bantu Perkuat Keintiman dengan Pasangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Joshua Chun

Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Joshua Chun

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sederet pekerjaan dan rutinitas harian bisa membuat Anda dan pasangan kesulitan mencari waktu berkualitas bersama. Padahal, agenda bersama tak harus memakan lama untuk menjaga keintiman hubungan. Anda bisa mencoba micro-datingApa itu?

Sebagaimana dilansir Well+Good,  menurut Gottman Institute, sebuah organisasi yang meneliti dinamika hubungan, micro-dating adalah kencan singkat dan berkualitas di mana Anda dan pasangan menghabiskan waktu tanpa gangguan dengan fokus pada koneksi. Aktivitas yang dapat Anda berdua lakukan selama micro-dating berupa duduk bersama di sofa dan minum kopi, atau berjalan-jalan cepat di sekitar blok untuk berbagi cerita di hari itu. Dan, micro-dating bisa dilakukan selama 10 menit.

Tujuan dari dari micro-dating adalah untuk membangun dan mempertahankan keintiman. "Anda tidak dapat benar-benar memiliki hubungan yang sehat dan stabil tanpa keintiman, dan kita membutuhkan pengalaman bersama agar kita merasa itu adalah hubungan," kata terapis Joy Berkheimer, seperti dilansir Well+Good, pada Sabtu, 25 Februari 2023.

Berkheimer juga merekomendasikan micro-dating sebagai kesempatan untuk memperkuat persahabatan Anda dengan pasangan dan mempelajari lebih lanjut tentang mereka.

“Ini seperti Anda beralih dari menjadi belahan jiwa menjadi teman sekamar,” kata Best Goss, pendidik Gottman bersertifikat dan spesialis pelatihan program Bringing Baby Home,

Menurut Berkheimer, micro-dating tidak hanya bermanfaat untuk pasangan menikah, tetapi juga pasangan yang baru berkencan.

Tertarik melakukan micro-dating? Berikut beberapa tips dari pakar hubungan.

3 Tips agar Micro-Dating Berjalan Lancar

1. Tentukan Tanggal dan Waktu

Anda dan pasangan tentukan bersama kapan micro-dating, sehingga dapat meluangkan waktu seutuhnya. Komitmen Anda berdua menjadi penentu keberhasilan kencan singkat dan berkualitas tersebut.  

2. Tentukan Aktivitas yang Dinikmati Berdua

Beragam pilihan aktivitas yang bisa dilakukan saat micro-dating selama 10 menit. Goss menyarankan berjalan-jalan, sementara Bergheimer merekomendasikan berjalan ke toko roti lokal untuk memilih hadiah. Gagasan lainnya adalah sarapan bersama atau mendengarkan musik. Kuncinya adalah waktu itu untuk Anda berdua.

3. Tanpa Gawai

Goss merekomendasikan untuk menciptakan micro-dating tanpa ponsel agar Anda dan pasangan fokus satu sama lain dalam waktu singkat.

Pilihan Editor: 7 Cara Menambah Keintiman dengan Pasangan

WELL+GOOD


Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."