Selain Bercinta, Simak 4 Jenis Keintiman yang Bisa Kamu Lakukan Bersama Pasangan

Ilustrasi pasangan tertawa. Unsplash/Matheus Ferrero

cinta

Selain Bercinta, Simak 4 Jenis Keintiman yang Bisa Kamu Lakukan Bersama Pasangan

Rabu, 10 Februari 2021 10:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Bercinta memang salah satu cara merawat keintiman kamu dengan pasangan. Tapi bukan berarti keintiman hanya berpatokan pada seberapa sering dan dahsyatnya kamu dan pasangan bercinta dan lihai dalam sentuhan fisik lainnya. Ada jenis-jenis keintiman yang tak melulu soal sentuhan fisik.

Keintiman memiliki banyak bentuk, baik emosional, intelektual maupun spiritual. Memiliki berbagai bentuk keintiman dalam suatu hubungan sangat penting untuk mengembangkan hubungan holistik dengan pasangan.

Hal itu memungkinkan kamu dan pasangan untuk lebih memahami satu sama lain dan terhubung pada tingkat yang lebih dalam, bukan terhubung pada tingkat yang dangkal. Simak 4 jenis keintiman yang sebaiknya kamu lakukan bersama pasangan agar semakin menguatkan hubungan.

1. Keintiman emosional

Keintiman emosional adalah saat kalian berdua tidak takut menjadi rapuh di depan satu sama lain. Kamu dapat mendiskusikan masalah, keinginan, impian, ketakutan, hingga tujuan dengan pasangan tanpa beban dan mengalir begitu saja. Itu bisa terjadi karena kamu mempercayai mereka dengan sepenuh hati dan dapat dengan aman memercayai mereka tanpa takut dihakimi.

2. Keintiman spiritual

Keintiman spiritual bisa lebih dari sekadar berdoa atau beribadah bersama. Contohnya, kamu dan pasangan bisa menyaksikan matahari terbenam, mendiskusikan etika dan pola pikir satu sama lain, atau bahkan melakukan sesuatu yang sederhana seperti berjalan-jalan di taman bersama.

Jenis keintiman ini akan membuat kamu berdua lebih dekat satu sama lain dan mengembangkan hubungan transendental satu sama lain.

3. Keintiman eksperiensial

Berbagi pengalaman akan menghubungkan kamu dan pasangan pada level yang lebih dalam. Untuk keintiman seperti ini, kamu bisa memasak makanan bersama, bersepeda, atau berpetualang untuk berbagi pengalaman.

4. Keintiman intelektual

Mengembangkan kemampuan untuk menerima sudut pandang pasangan yang berbeda, akan membantu kamu mengembangkan keintiman intelektual, baik itu terlibat dalam debat, mendiskusikan pendapat tentang buku terkenal atau mendiskusikan konsep abstrak.

Baca juga:

Ketahui 4 Ciri Pasangan Pasif-Agresif, Suka Menunda Penyelesaian saat Bertengkar

PINK VILLA