6 Langkah Mencuci Muka yang Benar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi remaja membersihkan wajah. Freepik.com/Kamran Aydinov

Ilustrasi remaja membersihkan wajah. Freepik.com/Kamran Aydinov

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti halnya menyikat gigi dan menyisir rambut, mencuci muka selalu terlihat seperti proses yang mudah dan sederhana. Tapi sebenarnya, ada sederet langkah mencuci muka yang benar agar memperoleh perlindungan dan perawatan maksimal. Apa saja itu? Berikut tujuh di antaranya.

6 Langkah Mencuci Muka dengan Benar

1. Gunakan Air Hangat

Hindari air panas karena dapat melebarkan pembuluh darah secara kronis dari waktu ke waktu. Bukan cuma itu, air panas untuk mencuci muka juga dapat menyebabkan kemerahan pada wajah dan memperburuk kondisi seperti rosacea. Air panas pun bisa menghilangkan minyak alami kulit dan mengeringkan kulit, sehingga membuat Anda lebih rentan terhadap iritasi.

2. Gunakan Pembersih Wajah yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Ini berarti menggunakan pembersih yang menghidrasi untuk kulit kering, pembersih berbusa untuk kulit berminyak, atau pembersih dengan bahan aktif seperti asam salisilat untuk penyumbatan pori-pori dan kulit berjerawat.

Jika kamu menggunakan pembersih yang mengandung benzoil peroksida, ketahuilah bahwa produk ini berpotensi memutihkan warna kuning atau oranye pada kain. Pastikan untuk membilas semua pembersih sepenuhnya dari kulit dan pertimbangkan untuk menggunakan handuk tua atau handuk putih untuk berjaga-jaga. Hal yang sama berlaku untuk sarung bantal atau pakaian yang kamu sayangi.

3. Hindari Menggosok Kulit Wajah dengan Kuat

Menggosok kulit wajah dengan kuat saat mencuci muka dapat menyebabkan gangguan atau cedera pada pelindung kulit, sehingga membuat kulit rentan terhadap kekeringan dan iritasi. Pijatlah wajah secara lembut.

Dr. Lauren Penzi, ahli kulit di MDCS Dermatology merekomendasikan penggunaan ujung jari yang bersih untuk menyelesaikan pekerjaan daripada waslap, spons, atau kuas, yang sering kali terlalu kasar dan dapat merusak pelindung kulit dari waktu ke waktu.

Selain itu, benda-benda tersebut rentan terhadap penumpukan bakteri dari waktu ke waktu jika tidak dicuci dan dikeringkan dengan benar.

Baca juga: Tips Pilih Pembersih Wajah, Cari yang Bisa Melembapkan Kulit

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."