Tips Memilih Sepatu dari Dokter Ortopedi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi sepatu putih (Pixabay.com)

Ilustrasi sepatu putih (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak sepatu yang tersedia di toko. Mulai dari sepatu cantik, hingga sepatu yang disesuaikan dengan olahraga yang ada. Dokter spesialis bedah ortopedi konsultan foot & ankle Astuti Pitarini menyarankan bagaimana cara terbaik memilih sepatu. Dengan memilih sepatu yang tepat, kata Astuti, bisa menghindari seseorang mengalami berbagai masalah kaki, salah satunya bunion. 

Bunion adalah salah satu masalah kaki yang umum dialami wanita. Seperti dilansir Mayo Clinic, bunion merupakan benjolan di bagian sendi pangkal ibu jari kaki. Bunion terjadi akibat beberapa tulang di bagian depan kaki keluar dari tempatnya sehingga ujung jempol kaki tertarik ke arah jari kaki yang lebih kecil dan memaksa sendi di pangkal jempol kaki menonjol keluar.

Simak tips memilih sepatu yang aman:

1. Pilih Toe Box Lebar

Astuti menyarankan agar setiap orang memilih sepatu toe box yang lebar. "Agar memilih sepatu aman, pilih yang bentuk bagian toesnya lebar, jangan yang lancip," katanya dalam media gathering bertajuk Problema Ortopedi pada Wanita pada 22 Februari 2023 di Jakarta.

2. Hak Sepatu Maksimal 2,5 sentimeter

Wanita sangat senang mengenakan sepatu dengan hak tinggi. Namun Astuti menyarankan agar maksimal hak yang digunakan seseorang adalah 2,5 sentimeter. "Sebaiknya hak kurang dari 2,5 sentimeter masih saya rekomendasikan karena tidak membuat otot betis menjadi kaku," ujar dia.

3. Pilih Bahan Sepatu yang Tepat

Astuti pun menyarankan agar setiap orang menggunakan bahan sepatu yang memungkinkan kaki untuk bernapas. Menurutnya, teknologi sepatu semakin canggih, ada banyak pilihan bahan sepatu yang memungkinkan kaki mendapatkan udara. "Orang-orang juga sebaiknya memilih bahan sepatu yang memungkinkan kaki dapat bernapas atau breathable," kata dokter yang berpraktik di Jakarta Knee & Shoulder Orthopedic Sport Centre (JKOSC) RS Pondok Indah – Pondok Indah itu.

Ia menambahkan bahwa pentingnya memilih sepatu yang breathable di udara yang tropis. Cuaca tropis yang sangat lembab bisa membua suhu kaki juga semakin tinggi. Ketika menggunakan sepatu dengan bahan yang tebal, maka akan meningkatkan kelembapan di kaki sehingga mengakibatkan timbulnya jamur. Bahan sepatu yang memungkinkan kaki bernapas membantu agar kaki mendapatkan udara. "Kalau sepatu yang dibeli di negara empat musim biasanya lebih tebal. Bila dipaksakan sepatu itu digunakan di negara tropis, kaki kita bisa jadi lembap dan menyebabkan kaki lebih mudah berjamur," katanya. 

4. Pilih Sepatu dengan Sesuaikan Aktivitas

Selain bahan, Astuti juga mengingatkan orang-orang agar memilih sepatu sesuai dengan aktivitas. Mereka yang melakukan kegiatan trekking atau berjalan kaki jarak jauh. Ketika memilih sepatu untuk trekking, Astuti menyarankan agar orang membeli sepatu yang setinggi mata kaki. Hal ini bisa menghindari seseorang terkena cedera saat trekking. "Aktivitas trekking yang banyak kira-kira cedera ankle, pilihlah sepatu yang setinggi mata kaki," kata Astuti.

Pilihan Editor: Cardi B x Reebok Rilis Koleksi Baru, Sepatu dan Busana Olahraga Warna Cerah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."