Minyak Zaitun untuk Rambut: Manfaat, Risiko, dan Cara Terbaik Mengaplikasikannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minyak zaitun. (Foto: Pexels/Piyabay)

Ilustrasi minyak zaitun. (Foto: Pexels/Piyabay)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dijuluki selama berabad-abad sebagai "emas cair", minyak zaitun mungkin membuat kamu berpikir mengenai cocolan untuk roti, atau sesuatu yang kamu tambahkan pada sayuran. Memasak bukanlah satu-satunya hal yang menggunakan minyak zaitun. Ada sederet manfaat minyak zaitun untuk rambut, dari membuat rambut halus dan berkilau, serta mengatasi rambut kusut. Melembapkan salah satu keunggulannya.

"Minyak zaitun adalah salah satu pelembap tertua yang sudah terkenal khasiatnya," ujar Dmitry Irshinskiy, penata rambut di FEKKAI Soho Salon di New York, Amerika Serikat, seperti dilansir Women's Health, Senin, 20 Februari 2023.

Ingin tahu dari mana sifat melembapkan minyak zaitun berasal dan bagaimana sebenarnya khasiatnya untuk kulit kepala dan rambut? Terkait kandungan, minyak zaitun kaya asam lemak dan antioksidan, sehingga dapat menutrisi kulit kepala, ungkap Audrey Kunin, dokter kulit sekaligus pendiri DERMAdoctor Skincare.

"Rambut itu sendiri terdiri dari keratin mati, jadi minyak zaitun membantu melapisi rambut dan menciptakan kelembutan dan kilau," tambahnya.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Jika rambut kamu kering atau rapuh, sedikit minyak zaitun bisa sangat membantu. "Minyak zaitun kaya akan asam lemak, antioksidan, dan nutrisi penting yang dapat memperbaiki, melembutkan, dan menghidrasi rambut," jelas Jennifer Korab, penata rambut asal New Jersey yang juga pemilik Renaissance Salon & Spa dan Revival Barber Shop.

Bagi mereka yang memiliki kulit kepala yang cenderung lebih kering mengaplikasikan minyak zaitun dapat menenangkan. Sebab minyak zaitun dapat membantu meredakan rasa gatal dan dapat menghidrasi kulit kepala yang kering.

Menurut Irshinskiy, minyak zaitun, atau produk yang berbasis minyak zaitun adalah sesuatu yang harus selalu ada sebagai senjata guna melawan rambut kusut.

"Minyak ini juga merupakan penyelamat dalam hal perlindungan rambut kusut untuk rambut yang kasar dan sulit diatur," tambahnya.

Oleh karena itu, hampir semua orang dapat mencoba perawatan minyak zaitun atau menggunakan produk dengan minyak zaitun sebagai bahan utamanya.

Risiko Penggunaan Minyak Zaitun untuk Rambut

Dokter Kunin mengatakan bahwa minyak zaitun tidak memiliki risiko yang diketahui untuk rambut, namun uji coba selalu disarankan sebelum mencoba produk baru.

Untuk kesehatan rambut kamu, sebaiknya menggunakan minyak zaitun secukupnya. Kira-kira seminggu sekali atau lebih, dengan frekuensi yang sama dengan yang kamu gunakan untuk masker rambut atau kondisioner.

"Terlalu sering menggunakan produk ini dapat menyebabkan penumpukan dan juga tidak membersihkannya secara menyeluruh," imbau Glenn Ellis, penata rambut selebriti Hollywood.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."