8 Kesalahan Umum dalam Merawat Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita dengan rambut rontok dan kusut. Freepik.com

Ilustrasi wanita dengan rambut rontok dan kusut. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam hal merawat rambut, jarang ada produk atau perawatan yang cocok untuk semua jenis rambut. Sebab perawatan rambut bergantung pada banyak faktor pribadi seperti seberapa panjang rambut Kamu, seberapa sering mencucinya, dan seberapa mudah menumbuhkannya. Akan tetapi, ada sejumlah kesalahan umum dalam merawat rambut yang perlu diketahui semua jenis pemilik rambut.

Agar kita bisa mengatasi atau mencegah masalah rambut, berikut sejumlah kesalahan paling umum dalam merawat rambut yang dicermati para penata rambut profesional. 

1. Terlalu Sering Keramas

Terlalu sering keramas berarti kamu menggunakan banyak sampo. Kebiasaan itu termasuk kesalahan umum perawatan rambut. Dengan mencuci rambut setiap hari dapat menghilangkan minyak alami rambut, membuat rambut lebih rentan terhadap kerusaka, dan menyebabkan banyak masalah lainnya.

"Terlalu sering keramas juga membuat rambut menjadi kering dan menyebabkan warna lebih cepat pudar," kata Alon Shalom, penata rambut dan pemilik Salon Alon Shalom di West Hollywood, California.

Meskipun tidak ada jawaban pasti tentang seberapa sering kamu harus mencuci rambut, sesuaikan intensitas kamu keramas dengan faktor usia, rambut, jenis rambut, hingga aktivitas

2. Jarang Keramas

Di sisi lain, jarang keramas juga bisa memicu masalah rambut karena memicu penumpukan kulit pada kepala.

"Meskipun sehat membiarkan minyak alami yang diproduksi tubuh untuk melumasi rambut dan kulit kepala, tidak sehat jika dibiarkan lama-lama karena bisa menyumbat pori-pori dengan kotoran dan debu," kata Amy Abramite, penata rambut dan direktur kreatif Maxine Salon di Chicago, Illinois.

Menurut Abramite, hal tersebut tidak hanya menyebabkan gatal, ketidaknyamanan, dan kulit kepala tampak berminyak, tetapi juga dapat menghambat pertumbuhan rambut.

3. Temperatur Air Tidak Tepat

Tahukah kamu, menggunakan air yang terlalu dingin atau terlalu panas saat keramas justru berpotensi mengakibatkan kerusakan rambut. Air yang terlalu panas misalnya, bisa membuat warna rambut tampak kusam dan mengaktifkan kelenjar untuk menghasilkan minyak berlebih.

Maka dari itu, disarankan menggunakan air dengan suhu sedang atau hangat saat keramas. Tak hanya berguna menghilangkan minyak, air hangat juga bisa membersihkan kotoran dan meningkatkan sirkulasi darah.

4. Memakai Kondisioner pada Rambut Terlalu Basah

Jika kamu ingin mendapatkan hasil maksimal dari produk pelembap seperti kondisioner dan masker, pastikan rambut kamu tidak terlalu basah saat diaplikasikan. Menurut penata rambut selebriti, Claris Rubenstein, ketika jenis produk ini aplikasikan pada rambut yang terlalu basah, produk tidak bekerja secara maksimal, bahkan larut mengalir bersama air yang ada pada rambut.

So, oleskan masker atau kondisioner pada rambut lembap, dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas kembali.

5. Mengeringkan Rambut dengan Handuk Kasar

Setelah keramas, jangan lupa keringkan rambutmu dengan benar. Sebaiknya gunakan handuk berbulu lembut. Sebab, menggosok rambut dan kulit kepala dengan handuk berbahan kasar bisa merusak kutikula rambut dan memicu helaian rambut tersangkut pada handuk. Bila dilakukan terus menerus, hal tersebut akan menyebabkan rambut mudah patah dan rontok.

6. Menyisir Rambut dalam Kondisi Sangat Kering

Menurut Stacey Ciceron, pendidik rambut global Oribe, menyisir rambut dalam kondisi sangat kering adalah salah satu kesalahan umum dalam merawat rambut. Karena tindakan itu memicu rambut patah dan rusak.

“Kamu sebaiknya melembapkan dan melembutkan rambut terlebih dahulu sebelum menyisir,” jelas Ciceron. Namun, jangan terlalu membasahi rambut, karena rambut basah lebih rentan terhadap kerusakan. 

Untuk mencegah kerusakan rambut lebih lanjut, gunakan sikat berbulu halus atau sisir bergigi lebar untuk menyikat dari ujung ke akar bukan sebaliknya.

7. Memakai Hairspray Terlalu Banyak 

Menurut Joseph Maine, penata gaya selebriti dan pendiri Trademark Beauty, mengaplikasikan hairspray rambut terlalu banyak sebelum menggunakan alat penata rambut adalah salah satu penyebab berkurangnya kelembapan rambut dan memicu kerusakan jangka panjang yang serius.

8. Mengambil Banyak Rambut saat Styling dengan Alat Panas

“Saat meluruskan atau mengeriting rambut, dua masalah yang paling saya lihat adalah mengambil sebagian besar rambut atau terlalu cepat,” jelas Maine.

Tindakan tersebut berisiko membakar rambut yang paling dekat. Harap bagi rambutmu menjadi bagian yang lebih kecil saat ditata dengan alat styling.

Agar rambut indahmu tetap indah dan sehat, hindari kesalahan umum merawat rambut di atas, ya, Sahabat Cantika.

NADIA RAICHAN FITRIANUR | WELL+GOOD

Baca juga: Perawatan Rambut Dimulai dari Menjaga Kulit Kepala Tetap Sehat

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."