10 Penyebab Salah Paham dalam Hubungan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perbedaan cara berkomunikasi adalah salah satu penyebab salah paham daam hubungan. Sebagai contoh, wanita acapkali ingin melampiaskan kekesalannya, dan pria sering salah mengartikan hal tersebut dengan mengira bahwa ia bermaksud untuk mencari solusi.

Demikian pula sebaliknya, wanita terkadang salah menafsirkan apa yang dimaksud saat seorang pria tidak mengatakan dan berbuat apa-apa. Faktanya, kebanyakan pria perlu menyelesaikan masalah dalam diam, dan wanita dapat salah mengartikan hal tersebut. Maka dari itu, pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana pria dan wanita berpikir dan berbicara dapat membantu kita memiliki hubungan lebih baik.

Berikut 10 penyebab salah paham dalam hubungan menurut psikolog dan pakar hubungan.

1. Pria lebih cenderung meminta, sedangkan wanita lebih cenderung mengisyaratkan

Pria disosialisasikan untuk mengajukan permintaan secara langsung, sedangkan wanita disosialisasikan untuk menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan mereka sendiri. Bagaimana hal ini terjadi dalam hubungan? Wanita sering mengharapkan pria untuk membaca pikiran mereka dan tahu apa yang mereka inginkan tanpa benar-benar mengatakannya.

Apa yang sebaiknya dilakukan:

Jika wanita dapat dengan mudah meminta apa yang mereka inginkan alih-alih membuat pria menerka-nerka, mereka akan memperoleh lebih banyak hal tanpa perlu melakukan pembacaan terhadap pikiran sang wanita.

2. Wanita Lebih Tertarik pada Detail

Contohnya, "Apakah kamu ingat sweater yang aku pakai pada kencan kedua kita? Kemudian ditambah dengan, "Jika kamu peduli, kamu akan ingat!"

Apa yang sebaiknya dilakukan:

Wanita sering kali mempunyai ingatan yang luar biasa untuk hal-hal detail, dan mereka biasanya lebih sentimental daripada pria. Jadi, para perempuan perlu diingat bahwa pria tidak mengingat detail karena perbedaan cara mereka memproses informasi, bukan karena mereka tidak peduli.

Baca juga: 5 Alasan Pasangan Kerap Picu Pertengkaran tanpa Sebab, Cari Perhatian atau Kebiasaannya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."