Cegah Asupan Kafein Berlebih pada Kopi, Coba Metode Caffeine Microdosing

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi wanita minum kopi. Freepik.com/Racool Studio

Ilustrasi wanita minum kopi. Freepik.com/Racool Studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kamu bisa menerapkan metode caffeine microdosing. Metode ini bisa dilakukan demi mencegah asupan kafein berlebihan yang dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh seperti asam lambung, jadwal tidur berantakan, hingga penurunan energi.

Spesialis kesehatan dan edukasi dr. Kevin Mak, dalam keterangan tertulis bersama Youvit Kafe G, Selasa, menjelaskan metode caffeine microdosing adalah mengkonsumsi kafein dalam jumlah kecil yakni 10 sampai 15 miligram setiap tiga atau empat jam. "Dibandingkan mengkonsumsi satu cangkir kopi secara langsung, Anda bisa melakukan metode caffeine microdosing," kata Mak.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), konsumsi aman kafein per harinya yakni sekitar 400 miligram atau setara satu sampai tiga cangkir kopi.

Apabila asupannya berlebihan, kafein dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan seperti asam lambung naik, jadwal tidur berantakan dan energi menurun.

Sebagian orang umumnya mengkonsumsi kafein seperti teh atau kopi demi mengatasi low energy afternoon slump yakni saat energi dalam tubuh seseorang mulai menurun, umumnya pada pukul 14.00 hingga 15.00, yang ditandai beberapa gejala seperti tubuh terasa lelah, mengantuk, dan kurang fokus di jam-jam kritis.

Pilihan Editor: 4 Tips Lebih Dekat dengan Kopi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."