Tips Awet Muda yang Susah-susah Mudah, Pola Makan Sehat Sampai Hindari Kesepian

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita bahagia. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bahagia. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta"Kamu hanya setua yang kamu rasakan." Meskipun agak klise, ungkapan ini tersebut menyiratkan makna jika kamu memiliki kendali atas cara tubuh Anda dipengaruhi oleh proses penuaan-adalah mutlak benar. Dengan membuat pilihan gaya hidup sehat, Anda dapat membuat diri Anda merasa awet muda hingga usia tua. 

Berikut adalah tips awet muda atau merasa lebih muda: 

1. Latihan fisik

Olahraga tidak hanya bermanfaat bagi tubuh dan pikiran Anda, penelitian menunjukkan bahwa olahraga juga dapat membuat otot Anda awet muda dengan menghentikan atau bahkan membalikkan penurunan kesehatan seluler yang menyertai penuaan.

2. Pola makan sehat

Buah dan sayur tak hanya kaya akan vitamin. Makanan sehat ini juga memiliki kandungan protein yang diperlukan tubuh.

Diet seimbang yang kaya akan makanan utuh memberi tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap dalam kondisi prima. Hindari gula rafinasi, yang menyebabkan peradangan yang terkait dengan penyakit seperti diabetes dan Alzheimer. 

3. Tidur berkualitas

Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Jcomp

Menurut National Sleep Foundation, pola tidur biasanya berubah seiring bertambahnya usia. Mengambil langkah-langkah seperti mengurangi asupan kafein dan meletakkan perangkat jauh sebelum tidur dapat membantu Anda mendapatkan istirahat yang dibutuhkan. Dan meskipun mungkin tergoda untuk berolahraga dalam upaya untuk membuat diri Anda lelah, jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur atau Anda akan kesulitan bersantai.

4. Kelola Stres

Jika dibiarkan, stres kronis dapat menyebabkan depresi, penyakit jantung, dan kondisi serius lainnya, yang berpotensi memangkas tahun-tahun hidup Anda. Cobalah teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi, keduanya terbukti secara ilmiah dapat menurunkan tingkat stres. Atau pertimbangkan tai chi, latihan yang dapat meningkatkan keseimbangan dan stabilitas pada orang tua sekaligus mengurangi kecemasan.

Ilustrasi meditasi. Freepik.com/Lifeforstock

5. Pertimbangkan Suplemen

Bahkan jika Anda makan dengan baik, Anda mungkin kekurangan nutrisi penting untuk penuaan yang sehat. Dan banyak suplemen telah terbukti melindungi tubuh dari penyakit-minyak ikan, misalnya, dikaitkan dengan pencegahan penyakit jantung dan stroke.

6. Stretching 

Fleksibilitas menurun seiring bertambahnya usia, tetapi National Academy of Sports Medicine mengatakan mengikuti program fleksibilitas yang sistematis dan progresif dapat membantu Anda tetap lentur. Bahkan beberapa menit peregangan ringan setiap pagi dapat membuat perbedaan. 

7. Bercinta rutin atau cari kesibukan 

Menurut Dr. Oz, bercinta beberapa kali seminggu meningkatkan testosteron pada pria dan dapat mengurangi "usia sebenarnya" Anda hampir tiga tahun. Bahkan jika Anda tidak terlibat asmara, menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga membuat Anda tidak mengucilkan diri seiring bertambahnya usia. Kesukarelawanan juga bisa menjadi cara yang baik untuk menangkal kesepian sambil membantu komunitas Anda. 

8. Teh Hijau

Sebuah studi tahun 2013 menemukan peminum teh hijau yang mengonsumsi empat cangkir sehari memiliki risiko stroke hampir 20 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang yang jarang minum teh hijau, mungkin karena senyawa yang disebut katekin yang membantu mengatur tekanan darah dan meningkatkan aliran darah.

9. Melatih otak 

Menurut penelitian di bidang epigenetik yang sedang berkembang, otak Anda tidak pernah kehilangan kemampuannya untuk mengubah dan menyembuhkan dirinya sendiri. Dikenal sebagai neuroplastisitas, kelenturan ini perlu dipertahankan agar Anda tetap tajam di tahun-tahun emas Anda. Menurut alzheimers.net, game yang menantang daya ingat dan ketangkasan mental Anda dapat membantu memperkuat koneksi saraf di otak Anda. 

10. Perawatan Kulit

Ilustrasi wanita memijat wajah. Freepik.com/Diana.Grystsku

Ilmu pengetahuan menunjukkan kondisi kulit Anda berdampak besar pada berapa usia Anda menurut orang. Untuk menghindari keriput dan dark spot bisa kenakan tabir surya, gunakan pelembab dasar, dan minum banyak air. Jika Anda masih merokok, berhentilah. 

Pilihan Editor:Tips Awet Muda Wulan Guritno Hingga Tyo Nugros, Atur Asupan Garam dan Kelola Stres

DR SPAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."