Curhat Agnez Mo Soal Citra Tubuh, Pernah Mengalami Perasaan Insecure

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Agnez Mo (Insatgram/@agnezmostyle)

Agnez Mo (Insatgram/@agnezmostyle)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidak sedikit perempuan yang memiliki keluhan citra tubuh pada dirinya, termasuk figur publik seperti yang dialami oleh penyanyi Agnez Mo. Pelantun lagu Matahariku ini mengunggah pesan bermakna menerima dan mencintai tubuh apa adanya atau body positivity di media sosial.

Kali ini, Agnez mengunggah foto mirror selfie di laman Instagramnya saat mengenakan bikini two piece warna putih dan hitam. Agnez juga memakai sunglasses dan anting-anting warna perak. 

Menurut Agnez di keterangan foto, sejujurnya memposting foto seperti ini adalah sesuatu yang menurut dia keluar dari zona nyaman. "Namun, itu SENGAJA di pihak saya karena saya melawan rasa tidak aman atau insecure yang sangat besar tentang tubuh saya." 

Agnez juga menuliskan jika ia mencintai tubuh apa adanya. "Mencintai tubuhku apa adanya, tetapi pada saat yang sama tetap pergi ke gym agar aku bisa tetap sehat. Tapi perasaan "tidak cukup melengkung" atau body curve selalu menghantui saya di masa lalu," ucapnya. 

"Jadi begini, saya ingin merangkul tubuh saya yang tidak melengkung… dan masih terlihat seperti wanita yang buruk."

Sebagai informasi, citra tubuh adalah kombinasi dari pikiran dan perasaan yang Anda miliki tentang tubuh Anda. Citra tubuh dapat berkisar antara pengalaman positif dan negatif, dan satu orang mungkin merasa pada waktu yang berbeda positif atau negatif atau kombinasi keduanya. Body image dipengaruhi oleh faktor internal (misalnya kepribadian) dan eksternal (misalnya lingkungan sosial).

Apa itu citra tubuh positif atau penerimaan tubuh?

Ketika seseorang dapat menerima, menghargai, dan menghormati tubuhnya, mereka dapat digambarkan memiliki citra tubuh yang positif. Ini tidak sama dengan kepuasan tubuh, karena Anda bisa saja tidak puas dengan aspek-aspek tubuh Anda, namun tetap bisa menerimanya dengan segala keterbatasannya. 

Citra tubuh yang positif dikaitkan dengan:

1. Harga diri yang lebih tinggi

Menentukan bagaimana perasaan seseorang tentang diri mereka sendiri, dapat berdampak pada setiap aspek kehidupan dan berkontribusi pada kebahagiaan dan kesejahteraan.

2. Penerimaan diri

Membuat seseorang lebih cenderung merasa nyaman dan bahagia dengan penampilan mereka dan cenderung tidak terpengaruh oleh gambar yang tidak realistis di media dan tekanan masyarakat untuk berpenampilan tertentu.

3. Memiliki pandangan dan perilaku yang sehat

Dengan memiliki pandangan dan perilaku yang sehat, karena lebih mudah menjalani gaya hidup seimbang dengan sikap dan praktik yang lebih sehat terkait dengan makanan dan olahraga saat Anda selaras dengan, dan merespons, kebutuhan tubuh Anda.

Pilihan Editor: Curahan Hati Agnez Mo Raih 2 Penghargaan di WPVR 2022 Year-End Pinnacle Awards

NEDC

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."