Pelargonidin: Pengertian, Manfaat, dan Sumber Makanan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi stroberi. Pixabay.com/Congerdesign

Ilustrasi stroberi. Pixabay.com/Congerdesign

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah beri kaya serat, sejumlah antioksidan, dan mikronutrien penting lainnya. Menurut peneliti di Universitas Harvard, orang-orang yang memasukkan banyak buah beri ke dalam makanan mereka berumur lebih panjang, juga dapat menjaga kesehatan otak mereka lebih tajam. Menariknya, menurut penelitian terbaru, konstituen utama dalam beri yang disebut pelargonidin dapat memperlambat atau membantu mencegah penyakit alzheimer dan mencegah penurunan kognitif. Apa itu pelargonidin? Apa saja manfaatnya untuk tubuh khususnya otak? Yuk, kita telusuri bersama.

Pengertian Pelargonidin

“Pelargonidin adalah senyawa antosianin, yang merupakan jenis pigmen tanaman yang bertanggung jawab atas rona warna oranye-merah,” kata Keri Gans, ahli gizi terdaftar yang berbasis di New York, Amerika Serikat, dilansir dari laman Well+Good, 13 Februari 2023. “Itu ditemukan di subkelompok flavonoid, yang memiliki sifat antioksidan.”

Sebagai pengingat, antioksidan berfungsi seperti pengawal yang tangguh dan perkasa di dalam tubuh, membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan mencegah kerusakan akibat penuaan, tekanan lingkungan, serta banyak lagi.

“Secara keseluruhan, antioksidan diketahui membantu tubuh kita melawan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif yang dapat menyebabkan penurunan penyakit jantung, melindungi dari kanker tertentu, dan menjaga kesehatan kekebalan tubuh,” jelas Gans.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga untuk Meningkatkan Kesehatan Otak, dari Zumba hingga Jalan Cepat

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."