Pelargonidin: Pengertian, Manfaat, dan Sumber Makanan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi stroberi. Pixabay.com/Congerdesign

Ilustrasi stroberi. Pixabay.com/Congerdesign

IKLAN

Manfaat Pelargonidin untuk Kesehatan Tubuh

Pelargonidin bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan karena status umumnya sebagai antioksidan, serta lebih khusus lagi sebagai antosianin.

“Antosianin dikaitkan dengan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan stres oksidatif, seperti penyakit kardiovaskular dan neurodegeneratif,” jelsa Gans. Dan menurut tinjauan tahun 2020 di jurnal medis Molekul, khasiat antosianin yang bermanfaat mungkin terkait dengan kemampuannya untuk memodulasi mikrobiota usus. Gans kemudian mengutip ulasan tahun 2021 di Molecular Nutrition & Food Research, yang menemukan bahwa buah beri khususnya (yang lagi-lagi merupakan sumber makanan terkaya pelargonidin dan antioksidan pada umumnya) memperbaiki fungsi pembuluh darah dengan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Bahkan baru-baru ini (seperti yang kami sebutkan secara singkat sebelumnya), sebuah studi Juli 2022 yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease menemukan bahwa memprioritaskan asupan pelargonidin yang lebih tinggi dapat menjadi salah satu cara menghadapi penuaan dengan sehat.

Seperti yang dibagikan oleh studi tersebut, peserta post-mortem dari Rush Memory and Aging Project yang memiliki tingkat asupan pelargonidin tertinggi sebelum kematian mereka telah menurunkan jumlah serat bengkok di dalam otak yang mengandung protein yang disebut tau, serta lebih sedikit penumpukan di otak. Singkatnya, jumlah yang meningkat dari kedua konstituen ini adalah ciri khas penyakit Alzheimer. Jadi, semakin sedikit jumlahnya, semakin kuat kesehatan kognitif Anda di usia lanjut.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."