Pelargonidin: Pengertian, Manfaat, dan Sumber Makanan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi stroberi. Pixabay.com/Congerdesign

Ilustrasi stroberi. Pixabay.com/Congerdesign

IKLAN

Sumber Makanan Kaya Pelargonidin

1. Stroberi

Berdasarkan studi terakhir yang dibagikan di atas, tidak mengherankan jika stroberi berhasil menempati urutan teratas dalam daftar ini. Selain sumber pelargonidin yang baik, stroberi juga kaya vitamin C, antioksidan kuat lainnya dengan sifat anti-inflamasi, yang membantu tubuh melawan radikal bebas dan membantu menjaga kesehatan kekebalan tubuh, kata Gans.

2. Cranberry

Cranberry adalah buah berry lezat lainnya yang mengandung pelargonidin dan dengan manfaat anti-inflamasi yang terbukti, jelas Gans. Cranberry juga dikemas dengan senyawa yang dikenal sebagai proanthocyanidins, yang memiliki manfaat antibakteri alami.

3. Plum

Selain buah beri, plum adalah buah lain yang kaya kandungan pelargonidin untuk kesehatan otak. “Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa polifenol yang ditemukan dalam [jus] plum dapat membantu mengurangi penurunan kognitif,” tutur Gans.

Plum juga bermanfaat untuk atasi sembelit hingga keseimbangan gula darah.

4. Lobak

Beralih ke sayuran, Gans menyebutkan bahwa lobak mengandung pelargonidin. “Selain menjadi sumber antioksidan yang baik, lobak juga mengandung potasium, yang dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung,” tambahnya. Lobak juga menjadi salah satu makanan terbaik untuk kulit kepala yang sehat dan rambut yang berkilau.

5. Kacang Merah

Untuk mendapatkan dosis pelargonidin yang sehat, protein nabati, dan banyak lagi, Gans menyarankan menyantap kacang merah. “Kacang merah juga merupakan sumber serat yang baik, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga gula darah,” tandasnya.

Pilihan Editor: 5 Minuman untuk Meningkatkan Fungsi Otak, Ada Kopi hingga Smoothie Buah Beri

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."