6 Tips Tidur Nyenyak saat Hamil, dari Posisi Tidur Menyamping hingga Rutin Olahraga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu hamil berbaring. Freepik.com/Valuavitaly

Ilustrasi ibu hamil berbaring. Freepik.com/Valuavitaly

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sedang mencari tips tidur nyenyak saat hamil? Kamu berada di ulasan yang tepat. Salah satu tantangan ibu hamil adalah tidur nyenyak. Apakah kamu sepakat, sahabat Cantika? Hal itu pun dibenarkan oleh spesialis tidur Anne Marie Morse.

"Kehamilan adalah salah satu saat terindah dalam hidup seseorang, tetapi itu dapat merusak tidur," kata Morse yang juga ahli saraf, dan rekan American Academy of Sleep Medicine, seperti dilansir Livestrong, pada 4 Februari 2023.

Perubahan hormon, penambahan berat badan, ketidaknyamanan dan kecemasan selama kehamilan adalah faktor yang bisa menganggu kualitas tidur selama kehamilan. Belum lagi meningkatnya frekuensi bangun di tengah malam untuk buang air kecil. Maka dari itu, kehamilan bahkan dapat menyebabkan masalah tidur yang lebih besar seperti sleep apnea, kata Dr. Morse.

Mengapa Tidur Sangat Penting Selama Kehamilan?

Kita semua tahu tidur itu penting, bukan? Nah, ini sangat penting saat Anda sedang hamil. Sebab kurang tidur‌ dikaitkan dengan hasil negatif selama kehamilan dan pascapersalinan, menurut ulasan Sleep Medicine Reviews pada April 2020.

Apa saja risiko negatifnya? Yakni meningkatkan risiko terkena preeklampsia (tekanan darah tinggi), diabetes gestasional, dan waktu persalinan yang lebih lama, menurut Johns Hopkins Medicine. Kurang tidur juga terkait dengan risiko operasi caesar yang lebih tinggi.

Baca juga: 5 Buah Ini Bisa Bantu Tidur Nyenyak, Ada Pisang hingga Nanas

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."