6 Tips Tidur Nyenyak saat Hamil, dari Posisi Tidur Menyamping hingga Rutin Olahraga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu hamil berbaring. Freepik.com/Valuavitaly

Ilustrasi ibu hamil berbaring. Freepik.com/Valuavitaly

IKLAN

4. Rutin Olahraga

Apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda bergerak pada siang hari memengaruhi bagaimana Anda akan tidur nanti. Memang, ada bukti bahwa aktivitas fisik sedang secara umum meningkatkan kualitas tidur di segala usia, menurut tinjauan sistematis dalam ‌Jurnal Fisioterapi Eropa pada Juli 2019.‌

Dampak itu juga dirasakan ibu hamil, dan memiliki keuntungan tersendiri. "Ada data yang menunjukkan olahraga meningkatkan pengiriman oksigen ke janin, yang dapat membantu perkembangan," kata Dr. Shirazian.

Bicaralah dengan dokter Anda tentang olahraga apa yang aman untuk Anda. Mereka dapat memberikan tip tentang durasi, intensitas, dan latihan yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi waktu persalinan.

"Berenang dan yoga prenatal adalah pilihan bagus untuk orang yang sedang hamil," Dr. Shirazian menambahkan.

5. Perhatikan Camilan Sebelum Tidur

Cobalah untuk menghindari makan sekitar tiga hingga empat jam sebelum waktu tidur agar tubuh Anda memiliki waktu untuk mencernanya sebelum Anda tidur. Tetapi jika Anda merasa lapar di malam hari, sekantong keripik atau semangkuk ramen pedas mungkin bukan yang terbaik untuk dimakan.

Makanan tinggi lemak dan pedas dapat meningkatkan risiko refluks atau mulas saat Anda berbaring di malam hari, kata Dr. Morse.

"Rahim Anda yang tumbuh dalam kombinasi dengan perubahan hormonal dapat membuat Anda lebih mungkin mengalami gejala-gejala ini," tambahnya.

Perhatikan makanan yang memicu gejala refluks Anda, gunakan banyak bantal untuk mengangkat kepala dan hindari berbaring telentang setelah makan untuk mencegah refluks, menurut American College of Obstetricians and Gynecologists.

6. Setel Mesin White Noise

Menyetel mesin white noise salah satu tips tidur nyenyak saat hamil. Ruangan yang tenang adalah lingkungan optimal untuk tidur. Jika Anda kesulitan menenangkan otak, coba setel white noise atau suara yang menenangkan dapat membantu tidur lebih nyenyak, saran Dr. Morse.

Pilihan Editor: 6 Tips Tidur Nyenyak, Agar Tidak Sering Terbangun Tengah Malam

LIVESTRONG

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."