6 Tips Tidur Nyenyak saat Hamil, dari Posisi Tidur Menyamping hingga Rutin Olahraga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu hamil berbaring. Freepik.com/Valuavitaly

Ilustrasi ibu hamil berbaring. Freepik.com/Valuavitaly

IKLAN

Tips Tidur Nyenyak saat Hamil

Meski banyak faktor yang mengganggu tidur, masih ada baiknya mencoba tidur nyenyak saat hamil. Berikut adalah beberapa tips yang bisa disontek

1. Tidur Menyamping

"Ada banyak perubahan fisiologis yang membuat sulit tidur saat Anda hamil," kata Tara Shirazian, ob-gyn dan pendiri Mommy Matters. Ternyata, perut Anda yang membesar membatasi kapasitas paru-paru Anda dan berapa banyak oksigen yang Anda hirup masuk serta keluar. Posisi tidur berperan besar dalam meningkatkan sirkulasi dan kemampuan bernapas. Jadi, disarankan posisi tidur menyamping.

"Tidur menyamping membantu sedikit menggerakkan rahim, mengurangi beratnya dari pembuluh darah pusat dan paru-paru. Hal ini membuat lebih banyak oksigen kembali ke paru-paru dan membantu Anda bernapas sedikit lebih nyaman," kata Dr. Shirazian.

Tapi apa yang terjadi jika Anda berguling telentang di tengah malam? Tidak apa-apa. "Mulai saja dari sisi yang membuat Anda nyaman," kata Dr. Shirazian. Semakin nyaman Anda tertidur, semakin cepat Anda tertidur (dan semakin kecil kemungkinan Anda untuk bangun).

Cobalah menggunakan bantal kehamilan untuk menopang perut Anda dan membuat tidur menyamping lebih nyaman seperti bantal dengan bentuk "U", "L", dan "C". "Yang terbaik untuk Anda tergantung pada rasa nyaman Anda sendiri, dan seberapa besar tempat tidur Anda," kata Dr. Shirazian.

2. Tetapkan Rutinitas Waktu Tidur

"Pastikan Anda melakukan rutinitas waktu tidur yang baik dan aktivitas sebelum tidur. Tujuannya menenangkan pikiran serta tubuh Anda," kata Dr. Morse. Anda dapat mencoba peregangan ringan, mendengarkan musik, meditasi, yoga lembut, atau olahraga yang menenangkan.

Sebaiknya juga menjauhi ponsel atau gawai lainnya untuk menciptakan kedamaian secara perlahan, tanpa interupsi teknologi. Anda juga bisa mandi atau mengonsumsi secangkir teh herbal.

Akan tetapi, pastikan Anda tidak minum teh terlalu dekat dengan waktu tidur untuk mengurangi keinginan buang air kecil di malam hari, dan pastikan untuk minum varietas bebas kafein.

3. Suhu Ruangan Menyejukkan

Berkeringat saat tidur saat hamil tidak menyenangkan. Anda bangun lembap, tidak nyaman, dan bahkan kedinginan. Sering kali, hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi di tubuh Anda, menurut Mayo Clinic

Jadi, upayakan suhu kamar tidur antara 60 dan 68 derajat Fahrenheit," kata Dr. Morse. Ini membantu ibu hamil tidur nyenyak dan membantu mencegah keringat di malam hari.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."