Cegah Anak kecanduan game, Psikolog Sarankan Ini untuk Orang Tua

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi anak bermain game online (pixabay.com)

Ilustrasi anak bermain game online (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Untuk mencegah anak kecanduan game, orang tua disarankan menjalin komunikasi secara aktif dan dua arah. Hal itu disarankan oleh psikolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Novi Poespita Candra.

"Perlu dialog intens dengan anak, apa yang mereka dapatkan saat main game? Adakah pengaruh positif dan negatif yang dirasakan mereka pada tubuhnya dan kehidupannya?," kata Novi kepada Antara pada Sabtu, 11 Februari 2023.

Lebih lanjut Novi memaparkan bahwa game dan gawai adalah bagian yang tak terpisahkan di kehidupan saat ini termasuk anak-anak. Namun demikian, tetap diperlukan batasan-batasan terkait durasi penggunaan, pemilihan konten, maupun jenis-jenis permainan yang tepat untuk anak-anak.

Hal ini bertujuan agar kehidupan anak-anak dapat seimbang, antara kegiatan sosial dan juga bermain game.

Orang tua juga disarankan untuk melatih anak agar bertanggung jawab pada kegiatannya sehari-hari.

"Nah dialog-dialog serta kesepakatan ini yang akan menciptakan kesadaran dan manajemen diri dalam penggunaan gadget (gawai) yang tepat," ujarnya.

Baca juga: Dokter: Efek Anak Kecanduan Game sejak Balita seperti Narkoba

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."