Mengenal Gaurav Gupta, Desainer Ketiga India yang Tampil di Paris Haute Couture Week

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Desainer asal India, Gaurav Gupta. Foto: Gauravguptastudio.com

Desainer asal India, Gaurav Gupta. Foto: Gauravguptastudio.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Nama desainer asal India, Gaurav Gupta kembali menjadi perhatian pada awal pekan ini. Betapa tidak, rapper Cardi B tampil memukau dalam balutan gaun biru rancangannya saat melenggang di karpet merah Grammy Awards 2023 di Los Angeles, Amerika Serikat, pada minggu malam, 5 Februari 2023 atau Senin pagi waktu Indonesia. Rapper berusia 30 tahun itu juga diketahui termasuk deretan selebriti Hollywood berbusana terbaik di Grammy 2023.

Terkait desain, gaun 3D pahatan berpotongan warna biru itu dibentuk hingga menutupi satu mata Cardi B yang semakin menonjolkan desain pahatan eksperimental dari perancang busana yang bermukim di New Delhi itu.

Lewat akun Instagram resmi mereknya, Gupta mengucapkan terima kasih kepada ibu dua anak itu. "@iamcardib dalam kostum Gaurav Gupta Couture di Grammy 2023. Terima kasih atas momen yang menggetarkan ini, Kolin Carter dan Hema Bose," tulis Gupta di Instagramnya.

Sementara itu, Cardi B mengungkapkan kasih sayangnya kepada Gupta saat mengunggah foto dirinya berbalut gaun ikonik tersebut. "True Blue, sayang aku mencintaimu," tulisnya di Instagram.

Sebenarnya momen Cardi B tersebut bukan kali pertama karya Gupta dipakai pesohor Hollywood. Sebut saja nama Lizzo, Deepika Padukone, Priyanka Chopra, Aishwarya Rai, Mary J. Blige, Jennifer Hudson, Kylie Minogue, Olivia Culpo, hingga Fan Bing Bin pernah memakai gaunnya.

Cardi B berpose saat menghadiri Penghargaan Grammy Tahunan ke-65 di Los Angeles, California, AS, 5 Februari 2023. REUTERS/David Swanson

Untuk mengenal lebih dekat Gaurav Gupta, berikut sederet fakta menariknya.

1. Awal Karier di Dunia Mode

Gupta mendirikan label eponimnya pada 2005, setelah lulus dari Sekolah Tinggi Seni dan Desain Central Saint Martins, dikutip dari laman resminya Gaurav Gupta Studio. Selama delapan belas tahun berkarier, dia konsisten menggabungkan konstruksi asli India dan teknik menghias dengan idenya tentang masa depan. Siluet pahatan menjadi ciri khasnya.

Dikenal dan didambakan karena kecakapan memainkan pertunjukannya, Gupta berkali-kali membawa penontonnya ke dunia fantasi. Pertunjukannya telah memelopori kolaborasi dengan desain ringan, patung yang lebih besar dari kehidupan, teater imersif, dan puisi pengalaman. Dia juga diundang untuk tampil di London's Animal Ball 2019, yang diselenggarakan oleh The Prince of Wales dan The Duchess of Cornwall.

Dalam kolaborasi lainnya, instalasi Gaurav 'Tunnel of Infinity' adalah bagian dari Santati, pameran seni keliling untuk memperingati 150 tahun Mahatma Gandhi yang dibuka di National Gallery of Modern Art, Mumbai. Dia juga merupakan desainer eksklusif yang berkolaborasi dengan Vogue dan IBM untuk membuat garmen pertama India berdasarkan Kecerdasan Buatan.

Di tahun 2018, dia merilis Gaurav Gupta Man, dengan pertunjukan pembuka bekerja sama dengan GQ India. Dengan cepat merek ini menarik perhatian karena desainnya yang cair namun tajam. 

Gaurav Gupta Occasions Fine Jewellery adalah usaha terbarunya di mana ia memperluas kisah fantasinya, yang diceritakan dalam berlian buatan tangan. Mendefinisikan ulang perhiasan adibusana yang berharga, merek ini kini terkenal karena desain kinetiknya sekaligus berlian berkualitas.

Baca juga: 5 Fakta Thierry Mugler, Desainer Pertama yang Bawa Diana Ross jadi Model Catwalk

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."