5 Fakta Thierry Mugler, Desainer Pertama yang Bawa Diana Ross jadi Model Catwalk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Desainer Manfred Thierry Mugler (Instagram/@Foto profil manfredthierrymugler)

Desainer Manfred Thierry Mugler (Instagram/@Foto profil manfredthierrymugler)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia mode mancanegara. Perancang busana asal Perancis, Manfred Thierry Mugler atau Thierry Mugler, wafat di usia 73 tahun. Kepergiannya diumumkan melalui akun Instagram resmi, @manfredthierrymugler, dalam bahasa Inggris dan Prancis.

#RIP dengan berat hati kami mengumumkan meninggalnya Tuan Manfred Thierry Mugler pada hari Minggu 23 Januari 2022. Semoga arwahnya beristirahat dalam damai.” tulis keterangan tersebut disertai latar hitam.

Menilik akun Instagram resmi lainnya, @muglerofficial, juga mengunggah kabar duka disertai foto hitam putih close-up wajah Mugler.

"Dengan kesedihan yang mendalam House of Mugler mengumumkan meninggalnya Tuan Manfred Thierry Mugler. Seorang visioner yang imajinasinya sebagai seorang couturier, pembuat parfum, dan pembuat gambar memberdayakan orang-orang di seluruh dunia untuk menjadi lebih berani dan bermimpi lebih besar setiap hari," bunyi keterangan itu.

Dikutip dari TMZ, tidak ada kabar tentang penyebab kematiannya yang tiba-tiba. Sebab selama ini ia tidak tampak sakit atau sedang berjuang melawan penyakit tertentu.

Seperti yang dapat dibayangkan, para pelaku mode sontak merasa kehilangan dan memberikan penghormatan terakhir untuknya. Selama puluhan tahun berkecimpung di dunia mode, Mugler telah mendandani banyak bintang besar dunia seperti Lady Gaga, Beyonce, Cardi B, Madonna hingga Kim Kardashian. Mereka pernah mengenakan pakaian rancangan Mugler, baik di karpet merah, runway, atau di atas panggung pertunjukan. Karya pria itu menyentuh setidaknya tiga zaman dan dia salah satu desainer yang terbaik di Hollywood.

Dikutip dari Hollywood Life, berikut adalah lima fakta tentang legenda mode Thierry Mugler.

1. Thierry memiliki perusahaan parfum

Thierry pertama kali meluncurkan koleksi parfumnya pada tahun 1992 dan telah menjadi fokus utamanya. Wewangian pertamanya yang paling dikenal adalah Angel. Dia kemudian meluncurkan Alien pada tahun 2005. Wewangian itu dapat ditemukan di department store dan toko kecantikan, termasuk Macy's dan Sephora.

2. Hanya Thierry yang berhasil membawa Diana Ross ke runway

Thierry Mugler, satu-satunya desainer yang berhasil membawa penyanyi legendaris Diana Ross menjadi model catwalk. Ia meminta pelantun I'm Coming Out itu untuk berjalan di peragaan busana koleksi musim panasnya tahun 1991. Itu merupakan kali pertama Ross menerima permintaan jalan sebagai model dari perancang busana. Tak hanya Ross, putrinya, Tracee Ellis Ross juga berjalan di acara itu.

3. Thierry mendesain korset konser seksi Madonna

Thierry adalah kunci di balik banyak penampilan konser Madonna yang seksi dan canggih. Dia bahkan merancang sebuah karya bernama Madonna yang disajikan sebagai tampilan terakhir dalam koleksi 10 tahunnya berkarya. Tampilan tersebut memiliki bentuk dan desain seperti malaikat, tetapi tetap memiliki sentuhan bintang biru dan putih yang memesona di tengah gaunnya. Sebagian besar penampilan seksi dan berkilau Madonna dirancang oleh Mugler.

4. Sempat pensiun dari dunia mode pada tahun 2003

Setelah mendesain selama lebih dari 30 tahun, sang legenda memutuskan pensiun pada tahun 2003. Dia mengumumkan bahwa dia akan mengalihkan prioritasnya ke parfum dan fotografi. Bahkan dia berhenti menciptakan penampilan dan menyerahkan rumah modenya di bawah arahan Nicola Formichetti sebagai direktur artistik yang menata banyak selebriti papan atas seperti Lady Gaga, Cardi B, Beyonce, Katy Perry, Rihanna dan banyak lagi.

5. Kembali aktif berkarya demi penampilan Kim Kardashian di Met Gala 2019

Satu-satunya selebriti yang bisa membuat Thierry aktif kembali adalah Kim Kardashian. Ia merancang gaun seksi ikonik Kim Kardashian yang dihiasi dengan permata untuk Met Gala 2019.

"Ini adalah pertama kalinya dalam 20 tahun Tuan Mugler mendesain untuk Rumah Mugler," kata Kim kepada Vogue (via Harper's Baazar) saat itu.

“Jadi untuk datang dan mengenakan gaun ini bagi saya adalah suatu kehormatan. Butuh waktu sekitar delapan bulan untuk pembuatannya. Dia membayangkan saya sebagai gadis California melangkah keluar dari laut, basah, meneteskan air,” ungkap kakak Kendall Jenner ini.

Itulah sederet fakta dan prestasi Thierry Mugler semasa hidupnya. Berbagai macam karya telah diciptakan dari buah pemikiran kreatifnya. Selamat jalan, Manfred Thierry Mugler.

BERNADETTE JEANE WIDJAJA | TMZ | HOLLYWOOD LIFE | INSTAGRAM

Baca juga: Penampilan Perdana Cardi B usai Melahirkan Anak Kedua, Dramatis Serba Merah

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."