5 Pertanyaan Soal Finansial yang Perlu Dibahas sebelum Menikah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Shutterstock

Ilustrasi pasangan. Shutterstock

IKLAN

2. Apakah Kamu Punya Utang?

Meskipun kamu mungkin tidak bertanggung jawab secara hukum atas utang yang dimiliki oleh pasangan, hal ini akan berubah setelah kamu menikah, kamu perlu mengetahui apakah pasanganmu sedang melunasi pinjaman pendidikan, kredit mobil, kartu kredit, atau utang lainnya adalah hal yang penting.

Mengetahui apakah pasangan memiliki utang atau tidak bisa mengukur kontribusi pasangan dalam pengeluaran rutin rumah tangganantinya. Jika tidak terbuka sejak awal tentang utang, hal itu bisa membuat kamu dan pasangan mengambil utang baru  selama pernikahan, sehingga menumpuk utang.

Ilustrasi mengelola keuangan. Shutterstock

3. Bagaimana Pembagian Pengeluaran dan Tanggung Jawab Keuangan Lainnya?

Kamu akan menggabungkan keuangan dengan pasanganmu dan membagi semua pengeluaran di tengah-tengah, membaginya secara tidak merata, atau memisahkan beberapa hal dan menggabungkannya, semuanya kembali kepada kesepakatan kalian berdua. Tidak ada cara yang benar atau salah, yang terpenting adalah kamu perlu mendiskusikan topik ini dan mencapai kesepakatan bersama.

“Bicarakan tentang tugas-tugas keuangan dan siapa yang akan bertanggung jawab atas apa, setidaknya pada awalnya,” jelas Dr. Ford.

Misalnya, naluri pertama kamu adalah membagi pengeluaran menjadi dua, namun setelah merenungkan masing-masing sesuai dengan pendapatan, kamu memutuskan bahwa hal ini tidak adil. Dalam hal ini, penting untuk menyuarakan kekhawatiranmu di awal, daripada menunggu hingga tiba waktunya untuk melunasi semuanya hanya untuk mengetahui bahwa kalian tidak sepaham, ungkap Fischer.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."