5 Tanda Anak Butuh Perhatian Orang Tua

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu sedang berbincang dengan putrinya. Foto: Pixabay.com/Iqbal Nuril Anwar

Ilustrasi ibu sedang berbincang dengan putrinya. Foto: Pixabay.com/Iqbal Nuril Anwar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dekat dengan orang tua membuat anak merasa aman. Cinta, kasih sayang dan perhatian adalah semua yang mereka butuhkan dari orang tua. Namun, di zaman sekarang ini, di mana orang tua sangat sibuk dengan pekerjaan dan kehidupan pribadi, anak-anak mungkin merasa tersisih. Itu sebabnya kadang mereka bersikap untuk mencari perhatian orang tua, dan beberapa orang tua tak menyadari sinyal tersebut. Berikut tanda anak butuh perhatian orang tua.

1. Tak Mau Pisah dari Orang Tua

Anak-anak dapat menampilkan perilaku ltak mau pisah dari orang tua karena beberapa alasan. Kadang-kadang bisa karena mereka mendapatkan terlalu banyak perhatian, di lain waktu bisa karena kurang atau tidak cukup perhatian.

Bagaimanapun, orang tua harus berhati-hati. Perilaku tak mau pisah dari orang tua sering muncul dari kebutuhan untuk merasa aman dan terjamin.

Jika Anda menemukan anak Anda memegangi Anda atau terus-menerus mengikuti Anda, inilah saatnya untuk memahami penyebab di baliknya.

2. Kerap Marah

Amukan yang tidak dapat dijelaskan bisa sangat mengancam dan meresahkan. Tapi itu bukan tanpa alasan. Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah butuh perhatian orang tua. Seorang anak yang haus akan perhatian dapat melakukan segala daya mereka untuk mendapatkannya, bila perlu mereka mengamuk di depan umum. Mereka bisa saja berteriak, menjerit atau menangis.

3. Agresif

Anak-anak yang mencari perhatian sering menggunakan perilaku agresif. Ini bisa melibatkan melempar barang-barang termasuk mainan, memukul, melukai diri sendiri, dan apa pun yang dapat membahayakan mereka dan orang lain. Ini adalah salah satu cara termudah bagi mereka untuk mendapatkan perhatian langsung dari orang tua mereka.

4. Sengaja Lambat

Anak-anak mungkin masih kecil dan lugu, tetapi ketika mereka menginginkan sesuatu berjalan sesuai keinginan mereka, mereka bisa menjadi sangat kreatif untuk mencapainya.

Jika mereka menginginkan perhatian penuh orang tua, mereka akan dengan sengaja melakukan sesuatu atau menyelesaikan tugas dengan lambat, sehingga orang tua benar-benar memperhatikan mereka dan membantu mereka.

5. Meminta Bantuan Meskipun Mereka Tidak Membutuhkannya

Seorang anak yang membutuhkan perhatian orang tua akan terus meminta bantuan Anda. Bahkan jika mereka mampu melakukan sesuatu sendiri, mereka akan mendatangi Anda untuk meminta bimbingan. Ini hanyalah taktik untuk dekat dan menarik perhatian Anda.

Jika buah hati Anda menunjukkan salah satu dari lima tanda anak butuh perhatian orang tua, segera dekati dan berkomunikasi dengannya.

Baca juga: Cerita Kate Middleton Sulitnya Membesarkan Anak Masa Kini, Butuh Dukungan

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."