6 Cara Membersihkan Miss V setelah Berhubungan Intim

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi vagina. Shutterstock

Ilustrasi vagina. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada sederet cara membersihkan miss V setelah berhubungan intim yang perlu kamu ketahui. Tujuannya untuk menjaga kebersihan dasar organ intim sekaligus mencegah risiko infeksi menular seksual. Caranya simpel dan jadikan rutinitas usai berhubungan intim dengan suami kamu, ya, Sahabat Cantika.

1. Buang Air Kecil

Buang air kecil setelah berhubungan intim dapat membantu menjaga keseimbangan pH kamu. Ini juga meminimalkan risiko infeksi saluran kemih. Mengosongkan kandung kemih dapat membantu mengeluarkan bakteri apa pun, yang mungkin masuk ke uretra saat berhubungan intim.

2. Hindari Cairan Pembersih Kewanitaan

Tidak dianjurkan untuk menggunakan cairan pembersih kewanitaan untuk membersihkan miss V setelah berhubungan intim. Sebab produk tersebut dapat menganggu keseimbangan PH miss V, meningkatkan risiko infeksi atau menyebabkan komplikasi kehamilan.

3. Membersihkan secara Sederhana

Cukup cuci vulva (bagian luar alat kelamin yang termasuk pintu masuk vagina) menggunakan sabun biasa dan sedikit air hangat. Pastikan kamu menggunakan sabun lembut tanpa pewangi atau bahan kimia keras. Ini dapat membantu menghilangkan keringat, air mani, dan bakteri yang ada di area luar.

4. Menyeka Miss V dari Depan ke Belakang

Menyeka miss V dengan cara yang salah dapat menyebabkan penumpukan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Jadi, pastikan kamu menyeka dari depan ke belakang agar miss V tidak terkontaminasi dengan bakteri dari dubur. Gunakan handuk bersih, kering, dan lembut untuk menyeka.

5. Hindari Tisu Basah

Sejumlah perempuan menganggap tisu basah merupakan cara tercepat untuk membersihkan miss V setelah berhubungan intim. Big No, sahabat Cantika. Sebab komponen kimia di tisu basah bisa membuat miss V gatal dan menyebabkan iritasi. 

6. Mengganti Pakaian Dalam

Setelah kamu membersihkan dan mengeringkan miss V, ganti pakaian dalam yang bersih dan segar. Mengenakan pakaian dalam yang sama dapat menyebabkan kelembapan berlebihan pada vulva, yang dapat menyebabkan infeksi jamur atau ISK.

Jangan memakai pakaian dalam yang terlalu ketat dan berbahan nilon. Karena hal itu dapat mengiritasi kulit. Pilih bahan yang lembut dan bernapas seperti katun.

Selain memperhatikan cara membersihkan miss V setelah berhubungan intim, penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika kamu mengalami rasa sakit, keputihan, atau pendarahan yang tidak biasa setelah berhubungan seks. Gejala-gejala ini mungkin berhubungan dengan penyakit menular seksual, cedera vagina atau infeksi lainnya.

Baca juga: 10 Penyebab Miss V Gatal, dari Terlalu Banyak Berkeringat hingga Infeksi Jamur

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."