Ketahui Manfaat Minyak Biji Anggur untuk Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Minyak biji anggur. amazonaws.com

Minyak biji anggur. amazonaws.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak cuma buah dan kulitnya, minyak biji anggur juga berkhasiat untuk perawatan kulit. Seperti namanya, minyak ini biasanya diekstraksi dari buah anggur dan dapat dicampurkan ke dalam produk perawatan kulit seperti serum, krim, dan lainnya. Apa saja manfaat minyak biji anggur untuk kulit? Menghidrasi merupakan manfaat utama minyak biji anggur yang dipaparkan pakar kecantikan.

“Minyak biji anggur [memiliki] manfaat melembapkan, menyejukkan, dan memperbaiki kulit,” jelas dokter kulit, Dr. Joshua Zeichner, dikutip dari laman Women's Health, pada 2 Februari 2023.

Sementara itu, menurut dokter kulit dewasa dan anak bersertifikat, Karan Lal, minyak biji anggur juga dapat membantu mengurangi kemerahan di kulit dan merangsang kolagen.

Dr. Zeichner juga menyebutkan minyak biji anggur bersifat nonkomedogenik, artinya tidak akan menyumbat pori-pori dan bertindak sebagai antimikroba yang menangkis bakteri yang dapat menyebabkan jerawat serta kondisi lain seperti rosacea dan eksim.

Ia menambahkan bahwa ada data yang menunjukkan bahwa minyak biji anggur memiliki sifat antimikroba, sehingga digunakan oleh sebagian orang sebagai obat alami untuk kondisi seperti kutu air atau ketombe.

"Artinya ini bagus untuk mereka yang berjerawat dan juga membantu mereka yang menderita eksim dan penghalang kulit yang rusak," ucap Dr. Lal.

Beberapa dokter juga mengatakan bahwa minyak biji anggur dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, karena mengandung vitamin E tingkat tinggi, yang melindungi dari radikal bebas yang dapat mempercepat proses penuaan.

Efek Samping Penggunaan Minyak Biji Anggur untuk Kulit

Minyak biji anggur memiliki efek samping yang sangat minim, dan merupakan pilihan yang sangat lembut untuk orang dengan kulit sensitif dan rawan eksim.

Sebagian besar jenis kulit dapat menggunakan minyak ini tanpa rasa khawatir, menurut Dr. Lal. Tetapi seperti bahan baru lainnya, ia menyarankan uji coba pada area kulit di belakang telinga untuk melihat reaksinya pada kulit sebelum dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit.

Saat ini, menggunakan minyak biji anggur — atau bahan apa pun, sungguh — cukup sederhana, karena dapat menemukannya sebagai bagian dari kandungan banyak produk perawatan kulit. Ini bekerja paling baik pada kulit bersih dalam rutinitas pagi atau malam Anda. Jika Anda mencoba melawan jerawat atau bintik hitam, Anda juga dapat mengoleskan sedikit produk perawatan kulit favorit Anda yang mengandung minyak biji anggur.

Baca juga: Punya Masalah Kulit Kering? Atasi dengan 8 Pelembab Alami Berikut Ini

WOMEN'S HEALTH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."