10 Manfaat dan Efek Samping Minum Kopi Setiap Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita minum kopi. Foto: Unsplash.com/Engin Akyurt

Ilustrasi wanita minum kopi. Foto: Unsplash.com/Engin Akyurt

IKLAN

7. Bisa Alami Ketergantungan Kafein

Di sisi lain, efek samping minum kopi setiap hari bisa membuat ketergantungan kafein, menurut Bogden. Ibaratnya, kafein seperti nikotin atau alkohol. Semakin banyak dikonsumsi, maka tubuh kita semakin membutuhkan kafein tersebut.

“Salah satu alasan mengapa kafein begitu memikat adalah karena kafein membuat kita merasa produktif, energik, waspada, dan juga termotivasi," ungkap Moskovitz.

8. Bisa Menyehatkan atau Menyakiti Usus

Meskipun dapat menyehatkan, kopi juga dapat menyakiti usus, lho. Kopi dapat membantu meningkatkan keteraturan dan fungsi usus, terutama bagi mereka yang mengalami sembelit. Namun, kopi juga dapat memperburuk masalah pencernaan lainnya pada sejumlah orang yang cenderung sensitif pencernaannya, ungkap Moskovitz.

9. Menganggu Jam Tidur

Menurut Mayo Clinic, mengonsumsi kafein berlebih, yaitu sebanyak lebih dari 4 cangkir dalam satu hari dalam menimbulkan efek seperti gelisah, jantung berdebar, dan juga insomnia. Jika terlalu sering mengonsumsi kopi, tentunya akan menganggu jam tidur dan akan berakibat dengan masalah kesehatan dalam jangka panjang.

10. Makan Berlebih atau Tidak Nafsu Makan

Minum kopi juga berperan terhadap nafsu makan. Minum beberapa cangkir kopi dapat menekan nafsu makan, sehingga banyak orang yang menggunakan kopi sebagai alternatif diet untuk menurunkan berat badan.

Namun di sisi lain, menurut Moskovitz, jika kafein yang ada di tubuh telah habis, maka kita akan merasa sangat lapar sehingga menyebabkan kita untuk makan berlebih guna mengejar kebutuhan gizi yang hilang saat masih terpengaruh oleh kafein.

Jadi, cermati betul manfaat dan efek samping minum kopi setiap hari ya, Sahabat Cantika. Agar kita dapat mengoptimalkan manfaat dan menekan risikonya untuk kesehatan.

Baca juga: Mana Lebih Baik, Minum Kopi Sebelum atau Sesudah Sarapan?

WIDYA FITRIANINGSIH | LIVESTRONG

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."