Rutin Minum Teh Hijau, Berikut 4 Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit

Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

kecantikan

Rutin Minum Teh Hijau, Berikut 4 Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit

Rabu, 1 Desember 2021 17:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Teh hijau terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis. Manfaat teh hijau sudah dikenal sejak berabad-abad tahun lalu. Mulai dari meningkatkan perkembangan otak hingga membantu Anda menurunkan berat badan. Tak hanya kesehatan fisik, teh hijau juga berdampak positif pada kesehatan kulit.

Tak hanya melindungi kulit, teh hijau tapi juga bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Simak empat di antaranya manfaat teh hijau untuk kesehatan kulit dikutip dari Pink Villa, Rabu, 1 Desember 2021.

1. Melindungi dari risiko kanker kulit

Teh hijau memiliki polifenol selain katekin yang memiliki sifat antioksidan. Kandungan ini dapat memerangi radikal bebas dalam tubuh Anda yang biasanya cenderung berdampak negatif terhadap kesehatan Anda dan menyebabkan kanker jika kadarnya meningkat dengan cepat.

2. Kaya sifat anti-penuaan

Anda dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan rutin minum teh hijau, yang berkhasiat meningkatkan regenerasi sel. Antioksidan EGCG memastikan bahwa sel-sel kulit Anda terlindungi. Menyeruput minuman ini memberi Anda vitamin B-2 yang meningkatkan kadar kolagen sekaligus mengencangkan dan melembutkan kulit.

3. Kaya sifat anti-inflamasi

Konsumsi teh hijau juga berkhasiat meredakan luka dan peradangan pada kulit. Sifat anti-inflamasinya bisa membantu menghilangkan kemerahan atau iritasi dari wajah. Penggunaan teh ini berguna untuk membantu pengobatan masalah kulit seperti psoriasis atau rosacea.

4. Atasi jerawat

Apakah Anda memiliki kulit berminyak atau hanya jerawat yang berasal dari ketidakseimbangan hormon, sifat antimikroba dari teh ini bisa sangat membantu. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakannya untuk mencegah penyebaran jerawat serta untuk mengobati peradangan dan membatasi pertumbuhan bakteri untuk kulit yang lebih sehat.

Teh hijau juga memiliki vitamin E yang cenderung melembapkan wajah dan menyehatkan kulit. Dengan sederet manfaat di atas, minum teh hijau bisa jadi salah satu pilihan minuman  yang menyehatkan. 

Baca juga: Selain sebelum Berolahraga, Ini Waktu Terbaik Minum Teh Hijau