Kisah Camila Mendes Alami Gangguan Makan di Awal Usia 20-an

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Camila Mendes. Foto: Instagram/@camimendes

Camila Mendes. Foto: Instagram/@camimendes

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Camila Carraro Mendes atau Camila Mendes baru-baru ini terbuka alami gangguan makan di awal usia 20-an. Ia kisahkan hal tersebut di podcast "Going Mental" dari Dear Media pada Kamis, 26 Januari 2023.

"Saya terus-menerus harus melihat wajah saya sendiri, dan itu benar-benar melelahkan," kata Camila mengawali curahan hatinya kepada Eileen Kelly, pemandu podcast yang juga pendidik seks, yang mengundang tokoh media bergilir untuk membahas cinta, pekerjaan, seksualitas, keintiman, dan kesehatan mental. 

"Saya pikir saya benar-benar memiliki perasaan yang baik tentang penampilan (tubuh) saya sekarang," ucap perempuan 28 tahun itu.

Seperti beberapa aktor perempuan muda lainnya, Mendes mencatat bahwa berada di industri hiburan telah meningkatkan kesadarannya akan penampilan fisiknya, sehingga membuatnya lebih rentan terhadap kritik dari dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

"[Selama] musim pertama [dari Riverdale], saya akan menonton setiap episode dan berkata, 'Ya Tuhan, perutku di sana. Ya Tuhan, ini dan itu,'" kenangnya.

"Saya sangat tidak percaya diri, dan itu benar-benar memicu gangguan makan saya. Saya mengalaminya, seperti, di berbagai titik dalam hidup saya: sedikit di sekolah menengah menuju tahun terakhir dan kemudian sedikit di perguruan tinggi, dan kemudian kembali lagi di musim pertama 'Riverdale.'"

Mendes menambahkan bahwa dia sangat kritis terhadap tubuhnya di awal usia 20-an. "Tubuh saya belum menetap dengan sendirinya, dan saya melihat diri saya sendiri, memisahkan diri: perut saya, lengan saya, dagu saya, apa saja. Saya akan terobsesi dengan itu," katanya.

"Kemudian hal itu menghalangi aktingku. Itu benar-benar berjuang dan berproses."

Akhirnya, dia mulai menemui seorang terapis dan ahli gizi untuk menyembuhkan gangguan makannya.

"Saya benar-benar takut makan karbohidrat (saat itu)," katanya. "Yang terjadi adalah saya akan menghindarinya untuk jangka waktu yang sangat lama, kemudian saya akan makan berlebihan dan makan banyak, dan kemudian membuangnya. Jadi itu adalah siklus yang mengerikan ini, dan [terapis saya] membantu saya mengatasinya dengan memperkenalkan kembali roti ke dalam hidupku menjadi seperti, 'Lihat? Itu tidak akan membunuhmu.' Sekarang ini adalah sesuatu yang jarang muncul dalam terapi."

Seiring waktu, hubungannya dengan makanan dan tubuhnya membaik. "Pada titik tertentu, Anda hanya perlu berdamai dengan tubuh Anda dan berhenti menolaknya," katanya. "Kamu hanya harus membiarkan tubuhmu melakukan hal itu dan berguling dengannya alih-alih melawannya."

Pada 19 Februari 2018, Mendes menyatakan dirinya selesai berdiet. "Kecintaan saya pada pendidikan, sinema, musik, dan lainnya — semua minat yang dulu menguasai pikiran saya — telah 'termakan' oleh keinginan saya untuk menjadi kurus, dan itu membuat saya sengsara," tulisnya di Instagram.

"Saya sudah selesai mempercayai gagasan bahwa ada versi saya yang lebih kurus dan lebih bahagia di sisi lain dari semua upaya tanpa lelah."

Dengan pengalamannya tersebut, Mendes mendorong pendengar yang mengalami gangguan makan serupa untuk menemui terapis. "Saya tidak tahu bahwa saya bisa melakukannya sendiri," katanya. "Anda dapat berbicara dengan teman dan keluarga sesuka Anda, tetapi tidak semua orang dapat memberikan nasihat yang Anda butuhkan."

Pernah Alami Pelecehan Seksual

Di pertengahan episode, Mendes juga menjelaskan secara mendalam tentang pelecehan seksual ketika dia berusia 19 tahun.

"Dia seperti 35 atau sekitar usia itu," katanya. "Aku bertemu dengannya malam itu. Kami kembali ke rumahnya - aku dan temanku dan pria yang dia kencani," jelasnya.

Mendes menjelaskan bahwa ketika dia pingsan di sofa, pria yang lebih tua itu mengangkatnya dan membawanya ke kamar tidurnya, di mana dia melakukan pelecehan seksual terhadapnya.

"Saya ingat dia mengirimi saya SMS keesokan paginya, dan saya seperti, 'Jangan pernah bicara dengan saya lagi,'" katanya, menunjukkan bahwa penyerangnya tidak pernah mengakui telah menyakitinya.

Di Instagram Stories-nya, Mendes membagikan rasa terima kasihnya kepada Kelly karena begitu reseptif dan membuatnya nyaman dalam membagikan detail pribadi kehidupannya saat disiarkan. "Terima kasih @eileen telah menyediakan ruang aman untuk terbuka tentang topik yang sangat pribadi bagi saya," tulis Camila Mendes. "Beberapa di antaranya telah saya buka sebelumnya, meskipun tidak sejauh ini, tetapi ada satu hal khusus yang menurut saya tidak dapat saya buka di podcast lain. Bersyukur telah memiliki pengalaman podcast pertama saya dengan Anda ."

Baca juga: Cerita Hilary Duff Gangguan Makan yang Mengerikan Saat Berusia 17 Tahun

POP SUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."