6 Manfaat Pijat Wajah, dari Mengencangkan Wajah hingga Bikin Kulit Lebih Kenyal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memijat wajahnya. Freepik.com/Benzoix

Ilustrasi wanita memijat wajahnya. Freepik.com/Benzoix

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di topik kecantikan kali ini, kita mengulik manfaat pijat wajah. Apakah kamu pernah merasakannya saat facial? Bagi yang belum, gambaran rasanya sangat rileks, bahkan kadang membuat kita tertidur kala terapis memijat lembut dengan jari jemarinya. Menurut Loretta Ciraldo, dokter kulit dan pendiri perawatan kulit, pijat wajah dapat memperbaiki penampilan kulit, melepaskan ketegangan di wajah, dan memaksimalkan efektivitas produk kecantikan. Pijat wajah juga bantu merilekskan hampir 30 otot wajah yang mungkin menegang menjalani rutinitas. Untuk selengkapnya, kita telusuri manfaat pijat wajah, yang harus dihindari, dan frekuensi terbaik melakukannya.

Apa Itu Pijat Wajah?

Pijat wajah mengacu pada gerakan menyapu di seluruh wajah dan leher, baik dengan jari atau dengan alat pijat wajah seperti roller atau gua-sha (praktik pengobatan tradisional Tiongkok yang digunakan untuk membelai wajah) di permukaan kulit wajah, kata Dr. Rubin, dikutip dari laman Women's Health, Selasa, 24 Januari 2023.

“Minyak sering digunakan untuk pelumasan agar jari atau alat pijat meluncur di kulit tanpa menarik, dan gerakan ini dapat digunakan untuk mengendurkan dan menghaluskan otot, bersamaan dengan mendorong drainase dan sirkulasi limfatik,” tambahnya.

Manfaat Pijat Wajah yang Perlu Kamu Tahu

1. Menghilangkan Racun

Selain merasa nyaman dan menawarkan sedikit relaksasi, pijat wajah menawarkan manfaat besar bagi kulit dan penampilan secara keseluruhan. Sederhananya, pijat wajah membantu menghilangkan racun dengan merangsang drainase limfatik, kata Liz Anguiano, terapis kulit dan pendidik toko di Heyday Lincoln Park.

2. Membuat Kulit Lebih Kenyal

Karena mendorong aliran limfatik, pijat wajah membantu mengurangi pembengkakan atau bengkak berlebih di wajah, yang mengarah ke tampilan yang lebih terpahat dan tegas, tambah Dr. Rubin. Drainase limfatik dan peningkatan sirkulasi ke kulit juga membantu stimulasi kolagen dan elastisitas, jelas Anguiano.

Dengan kata lain, jangan heran jika kulit Anda terlihat lebih kenyal dan muda, karena pijatan melepaskan ketegangan otot di wajah dan rahang yang meningkatkan kekenyalan kulit serta memberikan efek pengangkatan dan pembentukan, tambah Dr. Rubin.

3. Mengurangi Jerawat 

Terkait membuang racun, memijat wajah juga bisa mencegah jerawat. Sebab membuat pori-pori menjadi bersih. Dengan pemijatan wajah secara teratur, tekstur dan corak kulit juga menjadi lebih baik serta mengurangi bekas jerawat.

4. Mengencangkan Kulit

Dan, karena pijatan meredakan ketegangan di wajah, ini bahkan dapat membantu menghaluskan munculnya garis-garis halus dan kerutan sekaligus meningkatkan kekencangan kulit secara keseluruhan, tambahnya.

Menurut studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam International Journal of Dermatology menemukan bahwa 54 persen wanita melaporkan kulit kenyal setelah pijat wajah, sementara 50 persen mengalami pengencangan kulit.

5. Melancarkan Peredaran Darah

Pijatan wajah juga akan meningkatkan aliran darah dan membuat kulit tampak bercahaya, karena meningkatkan penetrasi minyak bermanfaat selama pijatan, kata Dr. Ciraldo.

6. Penyerapan Skincare Lebih Baik

Menambahkan pijat wajah dalam rutinitas perawatan kulit akan meningkatkan efektivitas produk perawatan kulit atau skincare. Jangan lupa, gunakan gerakan melingkar atau mengetuk (tap) untuk meningkatkan efektivitas produk.

Yang Tidak Boleh Dilakukan saat Memijat Wajah

1. Hindari menarik-narik kulit di sekitar mata Anda karena area ini sangat sensitif, catat Dr. Rubin.

2. Bila kulit Anda rusak, termasuk jerawat atau luka terbuka, jangan memijatnya. Sebagai gantinya, Dr. Ciraldo merekomendasikan untuk mengoleskan Aquaphor Healing Ointment ke area yang terkena.

3. Jangan pernah menarik kulit dan selalu gunakan serum, minyak, atau toner yang menghidrasi dan menyeimbangkan untuk memungkinkan kulit meluncur mulus, kata Dr. Rubin.

4. Jangan berikan tekanan berlebihan, kata Dr. Ciraldo. Menekan lebih keras pada wajah Anda *tidak* akan mempercepat hasil, bahkan dapat menyebabkan sensitivitas atau memar.

Seberapa Sering Harus Pijat Wajah

Tidak ada aturan yang keras dan cepat, tetapi Dr. Ciraldo menyarankan beberapa kali seminggu. “Jika Anda melihat manfaat dari pijat wajah, dan menurut saya ini paling sering terlihat pada wanita yang lebih muda hingga akhir empat puluhan, Anda dapat melakukannya sekali atau dua kali seminggu,” jelasnya.

Bila Anda menemukan wajah Anda sangat bengkak di pagi hari, Anda dapat melakukan pijatan wajah lembut setiap hari untuk meningkatkan aliran limfatik dan sirkulasi untuk mengurangi bengkak, tambah Dr. Rubin.

Baca juga: 10 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Sehat dan Cerah

WOMEN'S HEALTH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."