5 Teknik Pijat Wajah untuk Meredakan Stres

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Pijat alis. Freepik

Pijat alis. Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika stres atau cemas, banyak orang mengalami tegangan di wajah, khususnya di sekitar alis dan dahi. Termasuk Anda? Menurut Liz Aigner, terapis pijat berlisensi dan ahli kecantikan, wajah merupakan tempat di mana emosi kita tercermin, sehingga stres sering kali terlihat pada wajah.Tidak hanya stres dan kecemasan, ekspresi emosi lainnya seperti kebahagiaan, keterkejutan, atau kefrustrasian juga dapat terlihat melalui otot-otot wajah  sepanjang hari. Untuk mengatasi ketegangan wajah, pijat wajah salah satu solusi yang layak dicoba.

Menurut Aigner, jika dilakukan secara teratur, pijat wajah memiliki manfaat jangka panjang dan dapat mencegah masalah seperti sakit kepala, masalah sinus, serta ketegangan dan kekencangan wajah secara umum.

"Teknik pijat wajah dapat digunakan sebagai alat untuk merangsang energi atau menenangkan diri setelah hari yang melelahkan," kata Aigner, seperti dikutip dari Well+Good, Rabu, 21 Juni 2023.

Dengan kata lain, Anda dapat mengaplikasikan teknik pijat wajah ini ketika merasa stres atau tegang, namun teknik ini juga sangat baik setelah melakukan rutinitas perawatan kulit pada malam hari atau di pagi hari untuk meningkatkan energi.

Berikut adalah lima teknik pijat wajah yang membantu meredakan stres dan kecemasan.

1. Pijat Alis

Jika Anda sering merasakan ketegangan pada alis, tambahkan teknik pijat wajah ini ke dalam rutinitas Anda segera. Berikut adalah langkah-langkahnya: Gunakan jari telunjuk dan ibu jari Anda untuk memijat alis mulai dari tengah hingga ke pelipis.

Cubit perlahan sepanjang alis dua sampai tiga kali, dan remas dengan lembut di area yang terasa tegang.

Lalu, sapukan jari Anda sepanjang alis tiga kali setelah melakukan manipulasi terakhir untuk melepaskan energi negatif yang tersisa/

2. Penekanan Akupresur

Jangan lupakan area di antara alis Anda. Untuk melakukan teknik ini, tempatkan jari telunjuk Anda di titik pertemuan antara alis dan hidung. Anda akan merasakan titik kecil di sana. Titik akupresur ini sangat baik untuk meredakan sakit kepala, tekanan sinus, dan stres.

Lakukan gerakan melingkar dengan jari Anda searah jarum jam tiga kali, lalu berlawanan arah jarum jam tiga kali.

Terakhir, tekan titik tersebut tiga kali. Lakukan gerakan ini dengan perlahan dan sengaja.

Anda juga dapat menggunakan teknik yang sama pada titik ketiga di bagian tengah dahi untuk merangsang perasaan tenang dan meningkatkan kemampuan mata ketiga Anda.

3. Mengetuk Wajah

Jika Anda merasa tenang dengan ketukan berirama, Anda akan menyukai teknik pijat wajah ini. Gunakan bantalan semua jari Anda, kecuali ibu jari. Tempatkan jari-jari Anda di bagian atas tulang pipi dan mulailah mengetuk dengan lembut, bergerak ke arah luar menuju telinga.

Teknik ini membantu menyeimbangkan sistem saraf pusat dan meningkatkan energi saat Anda merasa lelah. Lakukan tiga hingga enam kali untuk merasakan kelegaan.

4. "Menggulung" Kulit

Pastikan wajah Anda tidak menggunakan produk atau minyak saat melakukan teknik pijat ini. Mulailah dari rahang dan gunakan ibu jari dan jari telunjuk Anda untuk mencubit dan mengangkat kulit dengan lembut, sambil menggulung ke atas pada pipi hingga ke arah mata atau pelipis. Tujuannya adalah untuk melepaskan ketegangan dan meningkatkan sirkulasi.

Gunakan ibu jari Anda untuk mengangkat jaringan wajah sambil memandunya dengan jari telunjuk. Saat Anda menggulung, lakukan gerakan dorong dan tarik untuk menciptakan efek "gulung" atau "gelombang" pada pipi. Ulangi teknik ini pada sisi lain wajah Anda.

5. Pijatan Hangat dengan Gesekan

Seperti sensasi secangkir teh hangat atau selimut yang nyaman, ada sesuatu tentang kehangatan yang sangat menenangkan. Teknik pijat wajah ini mengadopsi konsep tersebut dan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Mulailah dengan menggosok kedua tangan Anda selama sekitar 10 detik untuk menciptakan panas dan gesekan. Setelah tangan Anda hangat, tempatkan mereka di atas mata, dahi, bagian belakang leher, atau di mana pun Anda merasa tegang. Terapkan tekanan hangat secara perlahan ke area tersebut.

Teknik ini membantu meningkatkan aliran darah ke area yang kaku, merangsang rasa nyaman, dan mengembalikan energi ketika Anda merasa kacau. Ulangi sebanyak yang Anda inginkan.

Pilihan Editor: 6 Manfaat Pijat Wajah, dari Mengencangkan Wajah hingga Bikin Kulit Lebih Kenyal

WIDYA FITRIANINGSIH | WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."