10 Cara Memijat Wajah untuk Cegah Penuaan, Gunakan Jari Manis untuk Pijat Area Mata

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memijat wajahnya. Freepik.com/Benzoix

Ilustrasi wanita memijat wajahnya. Freepik.com/Benzoix

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pijat wajah bukan hanya kemewahan yang ada di salon, spa, atau klinik kecantikan, salah satu rutinitas perawatan kulit ini bisa dilakukan sendiri di rumah dan sayang untuk dilewatkan. Sebab memijat wajah dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Para pakar kesehatan menyebutkan memijat wajah secara teratur dapat menstimulasi sirkulasi darah, meningkatkan drainase limfatik, dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga menghasilkan kulit lebih kencang dan tampak awet muda. Lantas, bagaimana cara cara memijat wajah yang efektif untuk cegah penuaan? Berikut 10 di antaranya.

1. Mencubit perlahan

Mulailah dengan mencubit perlahan di sepanjang garis rahang, mulai dari dagu hingga ke telinga. Teknik ini membantu menstimulasi aliran darah dan mengencangkan kulit di sepanjang garis rahang, sehingga mengurangi tampilan kulit dan rahang yang kendur.

2. Gerakan ke atas untuk pijat dahi

Gunakan ujung jari Anda untuk memijat lembut dahi Anda dengan gerakan ke atas, mulai dari alis dan bergerak ke arah garis rambut. Ini membantu mengendurkan otot-otot di dahi dan mengurangi munculnya garis-garis halus serta kerutan.

3. Pijat area mata dengan jari manis

Dengan menggunakan jari manis, pijat lembut area sekitar mata dengan gerakan memutar, mulai dari sudut dalam menuju pelipis. Ini membantu mengurangi bengkak, lingkaran hitam, dan garis halus di sekitar mata.

4. Pijat area pipi dengan ujung jari

Letakkan ujung jari Anda di pipi dan pijat lembut dengan gerakan ke atas dan ke luar menuju telinga. Ini membantu mengangkat dan membentuk pipi, membuat wajah Anda tampak lebih muda.

5. Gunakan jari telunjuk untuk pijat lipatan nasolabial

Gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk memijat sepanjang lipatan nasolabial (garis yang membentang dari sisi hidung hingga sudut mulut) dengan gerakan ke atas. Ini membantu menghaluskan garis-garis ini dan mencegahnya semakin dalam seiring berjalannya waktu.

6. Pijat bibir

Pijat lembut bibir Anda dengan gerakan memutar untuk menstimulasi aliran darah dan meningkatkan kepenuhan bibir. Anda juga dapat menggunakan jari telunjuk untuk mengetuk bibir dengan lembut untuk meningkatkan sirkulasi dan menciptakan warna kemerahan yang alami.

7. Pijat leher

Jangan lupa untuk meluaskan pijatan wajah hingga ke area leher dan décolletage. Gunakan gerakan ke atas untuk memijat area leher dan dada, membantu mengencangkan kulit yang kendur juga mengurangi munculnya kerutan serta lipatan.

8. Teknik relaksasi

Tarik napas dalam-dalam dan fokuslah untuk mengendurkan otot-otot wajah saat melakukan pijatan. Memasukkan teknik relaksasi ke dalam rutinitas pijat wajah Anda dapat membantu mengurangi stres dan ketegangan, yang dapat berkontribusi pada pembentukan kerutan dan garis halus.

9. Gunakan minyak atau serum

Untuk meningkatkan manfaat pijat wajah Anda, gunakan minyak atau serum wajah yang menutrisi. Produk-produk ini memungkinkan jari-jari Anda bergerak dengan mulus di seluruh kulit, sekaligus memberikan bahan-bahan yang menghidrasi dan anti-penuaan jauh ke dalam kulit.

10. Bersikap lembut

Ingatlah untuk bersikap lembut pada kulit Anda dan hindari memberikan terlalu banyak tekanan selama pemijatan wajah. Teknik pemijatan yang terlalu agresif dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada kulit, jadi gunakan sentuhan ringan dan biarkan jari Anda yang mengerjakannya.

Pilihan Editor: Agar Wajah Tidak Stres, Ini Cara Tepat Pijat Wajah Pakai Gua Sha

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."