Menandai 40 Tahun Berkarya, Madonna Gelar Tur di 35 Kota

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Madonna merayakan ulang tahun ke-64, bersama keluarga dan teman di Italia. Instagram.com/@madonna

Madonna merayakan ulang tahun ke-64, bersama keluarga dan teman di Italia. Instagram.com/@madonna

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Diva pop dunia, Madonna bakal gelar tur konser merayakan 40 tahun atau empat dekade dirinya berkarier di industri musik. Konser tersebut diadakan di 35 kota di Amerika Utara hingga Eropa. Kabar tersebut dibagikan di akun media sosial resmi pelantun Like a Virgin itu sekaligus pernyataan resmi.

“Saya bersemangat untuk mengeksplorasi lagu sebanyak mungkin dengan harapan dapat memberikan pertunjukan yang telah ditunggu-tunggu penggemar,” kata Madonna melalui pernyataannya, menurut laporan Variety, Selasa, 17 Januari 2023, waktu setempat.

Melalui akun Instagram dan YouTube-nya, Madonna juga membagikan video promosi pengumuman tur yang menampilkan Judd Apatow, Jack Black, Lil Wayne, Diplo, Bob the Drag Queen, Kate Berlant, Larry Owens, Meg Stalter, Eric Andre, hingga Amy Schumer. Pihak penyelenggara mengatakan bahwa tur konser akan menyoroti katalog musik Madonna selama lebih dari 40 tahun terakhir.

Tur bertajuk "Madonna: The Celebration Tour" itu diproduksi oleh Live Nation. Tur akan dimulai pada 15 Juli 2023 di Rogers Arena di Vancouver, Kanada, serta akan berakhir pada 1 Desember di Amsterdam, Belanda. Bob the Drag Queen alias Caldwell Tidicue akan menjadi bintang tamu istimewa di semua tanggal tur tersebut.

Tiket konser akan dijual mulai Jumat, 20 Januari 2023 pukul 10 pagi waktu setempat melalui laman madonna.com/tour. Tiket pra-jual juga tersedia mulai Selasa, 17 Januari 2023 bagi Pemegang kartu Citi dan anggota klub penggemar resmi Madonna.

10 Lagu Hits Madonna

Eksistensi dan pengaruh Madonna sebagai seorang penyanyi tak dapat disangkal. Perempuan kelahiran 16 Agustus 1958 itu telah menjadi trendsetter, pemengaruh, dan inovator dalam dunia pop dan mode.  

Sejak debutnya dengan single Everybody pada 1982 hingga saat ini, Madonna telah menorehkan banyak lagu pop terbaik di beberapa tangga lagu dunia.

Mayoritas liriknya tentang cinta dan berikut problem psikologisnya. Namun ada juga yang dijadikan lagu tema (soundtrack) film layar lebar.

Madonna yang sangat berani dalam hal musiknya, memberikan daya tarik sendiri bagi penyuka musik pop, terutama kala saluran MTV tengah berjaya menjadi kiblat kanal musik. Berikut beberapa lagu terbaik diva pop yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Holiday 

Lagu yang rilis pada 1983 ini paling menonjol di dalam album debut Madonna. Melodi Holiday sangat menyenangkan, dengan reffrain seperti senandung yang mengasyikkan.

2. Into The Groove

Salah satu single terbaiknya adalah Into The Groove yang rilis pada 1984. Lagu tersebut merupakan soundtrack untuk penampilan film debutnya, Desperately Seeking Susan.

Lagu ini melambangkan dengan tepat alasan ia mempertahankan kariernya yang begitu panjang dan signifikan. Menurutnya ini lagunya yang sangat sederhana yang ditulis dalam waktu kurang dari lima menit. Ia sendiri tidak pernah mengerti mengapa itu menjadi begitu populer.  

3. Open Your Heart

Sulit untuk tak bangun dan menari mengikuti irama gemerlap dan bertempo tinggi lagi yang rilis pada 1986 ini. Penuh dengan sindiran seksual, Madonna merindukan seorang pria untuk membuka hatinya. 

4. Live to Tell

Lagu yang rilis 1986 ini merupakan lagu balada Madonna paling hits yang mengisahkan tentang dirinya secara pribadi, pemain, dan ikon budaya. Dikutip dari laman popmatters, lagu ini digadang-gadangkan sebagai lagu balada terbaiknya. Alunan musik yang lembut mengiringi suara Madonna yang terdengar memilukan dan lembut. 

5. Like a Prayer

Lagu yang dirilis pada 1989 ini menggambarkan tema seksual sekaligus religius. Madonna menantang bagaimana dunia memandang Kristen serta berbicara tentang seks dan peran yang dimainkan wanita dalam kedua gagasan itu.  

6. Express Your Self

Dikutip dari Billboard, Express Your Self yang rilis pada 1989 yang menceritakan tentang cinta dan pembebasan perempuan.  

7. Vogue 

Vogue dipandang sebagai salah satu lagu Madonna paling penting dalam kariernya. Lagu yang rilis tahun 1990 ini merupakan lagu dansa yang hampir sempurna, lengkap dengan koreografi yang mudah dipelajari dan ritme yang mudah diingat, yang seolah memerintahkan pendengar untuk bergerak mengikuti musik. 

8. Like a Virgin

Karya hits selanjutnya dari Madonna adalah Like a Virgin. Melalui lagu ini Madonna diangkat menjadi ikon budaya pop. Ia membuktikan bahwa dia lebih dari seorang bintang pop biasa. Madonna seorang penyanyi yang berpakaian dengan caranya sendiri, bernyanyi tentang topik yang tidak dimiliki orang lain.  

9. Music

Music salah satu lagu hits di dalam album yang dirilis pada 2000. Lagu tersebut telah menjadi lagu ikonik Madonna seperti hits sebelumnya seperti Holiday, Vogue, dan Into the Groove. Setelah album Ray of Light diakui, Madonna siap untuk menari lagi. Dia membuktikan bahwa kemampuannya untuk menulis hit mega pop masih ada walaupun telah memasuk tiga dekade karier musiknya. 

10. Drowned World

Uniknya lagu hits Madonna satu ini tak pernah secara resmi dirilis di Amerika Serikat, tetapi berhasil memecahkan UK Top Ten dan menjadi hit di sebagian besar negara di seluruh Eropa.  

Dalam lagu Drowned World, Madonna menceritakan pilihan yang dia buat sepanjang kariernya dan pengorbanannya. Lagu ini membuktikan Madonna dapat mendapatkan kembali kekaguman publik setelah kontroversinya kala itu. 

Baca juga: Madonna Curhat saat Karier Bernyanyinya Nyaris Hancur

ANTARA | ANNISA FIRDAUSI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."