Mengenal Miss Universe 2022 R'Bonney Gabriel, Desainer juga Pengajar Menjahit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Miss Universe 2022 R'Bonney Gabriel. Foto: Instagram/@rbonneynola

Miss Universe 2022 R'Bonney Gabriel. Foto: Instagram/@rbonneynola

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Miss USA 2022 R'Bonney Gabriel terpilih menjadi Miss Universe 2022 di malam puncak pemilihan Miss Universe ke-71 di New Orleans, Amerika Serikat, pada Sabtu malam, 14 Januari 2023 waktu setempat.

Siapakah R'Bonney? Seperti dikutip dari laman resmi Miss Universe, ia merupakan model, desainer, dan guru jahit yang fokus pada bahan-bahan ramah lingkungan. Sejak usia 15 tahun, ia sudah jatuh cinta dengan dunia mode, khususnya dalam mendesain, kain, dan tekstil. 

Kecintaannya pada mode mendorong ia memilih jurusan mode saat kuliah. Ia diketahui jebolan desain fashion dengan Minor di Universitas Texas Utara pada 2018. Ia saat ini adalah CEO dari lini pakaian berkelanjutannya sendiri, R'Bonney Nola.

Bukan cuma itu, R'Bonney juga instruktur menjahit utama di Magpies & Peacocks, sebuah rumah desain nirlaba yang berbasis di Houston yang didedikasikan untuk menggunakan "Fashion As A Force For Good" melalui keberlanjutan dan dampak masyarakat.

Sebagai penerima “Gucci Changemakers”, mereka mendapat kehormatan atas pekerjaan mereka dalam mengalihkan tekstil dan kain yang tidak diinginkan dari tempat pembuangan sampah dan mengubahnya menjadi koleksi busana.

Dalam program “MAKR”, perempuan 28 tahun ini mengajar kelas menjahit untuk perempuan yang selamat dari perdagangan manusia dan kekerasan dalam rumah tangga.

Sebagai orang Filipina-Amerika pertama yang memenangkan Miss USA, R'Bonney berbagi pentingnya merangkul budaya. Sebagai suara untuk orang Asia-Amerika, dia membuka pintu untuk lebih banyak keragaman dan keterwakilan dalam masyarakat dan mendapat kehormatan untuk dipublikasikan di Vogue Filipina.

Misi R'Bonney adalah agar wanita dan gadis muda melihat diri mereka dalam dirinya, dan merasa terinspirasi untuk menaklukkan tujuan mereka dengan memiliki diri mereka sendiri.

Miss Universe 2022 R'Bonney Gabriel. Foto: Instagram/@rbonneynola

Unggahan R'Bonney Sebelum Kemenangan

Lewat akun Instagramnya, R'Bonney berbagi pesan inspiratif sebelum ia didapuk menjadi Miss Universe. Disertai foto dirinya memakai busana warna putih lengan panjang dan bahu tinggi, ia mengungkapkan bahwa butuh persiapan untuk sampai ke titik sekarang. 

"Hari ini terasa nyata. Hari ini adalah Final Miss Universe. Ada begitu banyak persiapan dan pekerjaan yang dilakukan untuk mencapai titik ini. Saya telah bekerja tanpa henti selama 3 tahun terakhir untuk mendapatkan kesempatan seperti ini," tulisnya di Instagram 15 jam lalu.

"Saya pertama kali mulai mengejar tujuan ini ketika saya memiliki intuisi yang kuat yang mengatakan bahwa saya harus melakukannya. Saya sangat senang mendengarkan, karena jalan ini telah membawa saya ke tempat di mana saya merasa sepenuhnya selaras dengan diri saya sendiri dan bertujuan untuk membantu memberi dampak bagi orang lain," sambugnya.

Ia pun berharap perjalanannya bisa semakin mengajak para perempuan untuk yakin meraih impiannya.

"Saya harap perjalanan saya telah mengubah cara Anda memandang tujuan Anda. Kita dapat mengoptimalkan hidup kita dengan memulai dengan keyakinan. Karena satu keyakinan positif bisa menjadi wahana perubahan yang menggerakkan Anda maju ke mana pun Anda mau," tuturnya.

Di malam puncak Miss Universe 2022, diumumkan pula runner up pertama atau juara kedua adalah Miss Venezuela, Amanda Dudamel, sementara runner up kedua atau peringkat ketiga jatuh kepada Miss Dominican Republic, Andreína Martínez. 

Selamat bertugas untuk Miss Universe 2022 R'Bonney Gabriel.

Baca juga: Andrea Meza dari Mexico Jadi Miss Universe 2021

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Jahit

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."