Manfaat Kojic Acid untuk Atasi Jerawat di Bokong

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bokong wanita. Foto: Unsplash.com/Lauren Richmond

Ilustrasi bokong wanita. Foto: Unsplash.com/Lauren Richmond

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Asam kojic atau kojic acid adalah salah satu bahan yang berperan mengatasi jerawat di bokong sekaligus bekas jerawat di bawah sana. Apa sebenarnya kojic acid?

“Kojic adalah asam lembut dengan beberapa sifat antimikroba yang dapat membantu jerawat,” kata Carmen Castilla, dokter kulit bersertifikat di Rumah Sakit Mount Sinai, seperti dikutip dari laman Well+Good, Rabu, 11 Januari 2023.

Meskipun sifatnya yang lembut menjadikannya pilihan yang bagus untuk merawat bokong tanpa iritasi (terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif), perlu dicatat bahwa sifat antimikrobanya berada di sisi yang lebih lemah. Itu berarti akan bekerja lebih baik jika dikombinasikan dengan obat jerawat lainnya.

Namun, alasan sebenarnya untuk menambahkan kojic acid ke dalam rutinitas perawatan kulit adalah untuk membantu pigmentasi pasca-jerawat yang dapat muncul setelah jerawat hilang.

"Kojic acid sering digunakan untuk mengobati masalah pigmen seperti melasma," kata Dr. Castilla. "Ini memblokir enzim tertentu yang menghasilkan pigmen yang memungkinkannya mencerahkan kulit."

Selain itu, asam kojic memiliki sifat antioksidan yang menetralkan radikal bebas, sehingga membantu melindungi kulit secara keseluruhan.

Untuk hasil terbaik, pendiri Kaia Naturals Mary Futher merekomendasikan untuk melengkapi rutinitas perawatan bokong dengan busa dan bilas menggunakan sabun kojic acid. Cukup gosok bokong selama 20 detik saat mandi, bilas, dan ulangi secara teratur sampai semuanya bersih.

“Umumnya, sebagian besar dokter kulit akan merekomendasikan pencuci dengan bahan benzoil peroksida atau asam salisilat sebagai perawatan lini pertama,” kata Dr. Castilla. Anda dapat menggunakannya pada hari-hari Anda tidak menggunakan sabun kojic acid. Dari sana, Anda dapat menindaklanjuti dengan pelembap pengelupas agar jerawat serta perubahan warna yang menyertainya akan hilang.

Seperti yang disebutkan, penggunaan produk dengan bahan kojic acid ini hanya sebagai tambahan, bukan yang utama. Karena cara mengatasi jerawat di bokong tidak bisa disamaratakan mengingat penyebabnya berbeda plus kondisi kulit setiap orang juga berbeda.

Baca juga: 5 Manfaat Kojic Acid untuk Kulit, Termasuk Atasi Melasma

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."