Tasya Kamila Melahirkan Anak Kedua, Pakai Metode Persalinan ERACS

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Tasya Kamila bersama suaminya, Randi Bachtiar menjelang persalinan anak kedua, Minggu, 1 Januari 2023. Foto: Instagram Tasya Kamila

Tasya Kamila bersama suaminya, Randi Bachtiar menjelang persalinan anak kedua, Minggu, 1 Januari 2023. Foto: Instagram Tasya Kamila

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaTasya Kamila melahirkan anak keduanya dengan Randi Bachtiar, berjenis kelamin perempuan pada Minggu, 1 Januari 2023. Beberapa jam lalu, Tasya mengumumkan nama putrinya lewat unggahan di Instagram.

"Alhamdulillah, bayi perempuan kami di sini. Shafanina Wardhana Bachtiar," tulis Tasya. Nama belakang anak keduanya itu sama dengan putra pertamanya, Arrasya Wardhana Bachtiar yang kini berusia tiga tahun.

Masih Dirawat di NICU

Hingga saat ini, Tasya belum bisa bertemu karena Shafanina masih dirawat di neonatal intensive care unit atau NICU. Menurut Tasya, putrinya perlu diobservasi hingga besok. Padahal Tasya sudah tidak sabar ingin melihat reaksi Arrasya ketika bertemu dengan adiknya untuk pertama kali.

"Sama, aku juga gak sabar nunggu Arr ketemu adik, tapi akupun belom ketemu adik karena adik sekarang masih di NICU. Dia (Shafanina) baik-baik saja, hanya butuh diobservasi sampai besok. Bismillah adik sehat-sehat," tulis Tasya di Instagram Story, dilengkapi dengan foto dirinya ketika memeluk dan mencium Arrasya.

Shafanina Wardhana Bachtiar, nama anak kedua Tasya Kamila/Foto: Instagram/Tasya Kamila

Persalinan metode ERACS

Tasya dan suami memang sudah merencanakan akan melahirkan anak keduanya pada Minggu, 1 Januari 2023. Sehari sebelumnya, Tasya sudah melakukan apa yang ingin dilakukan sebelum resmi menjadi ibu dua anak, termasuk menikmati waktu bersama suami jalan-jalan di pusat perbelanjaan.

Pagi ini, Tasya bersama Randi sudah tiba di rumah sakit dan menjalani serangkaian pemeriksaan sebelum opeasi. Berbeda dari anak pertama, kali ini Tasya memilih menggunakan metode Enhanced Recovery After Cesarean Surgery (ERACS). ERACS adalah metode operasi caesar dengan memberikan obat-obatan pereda nyeri yang baik sehingga pasien bisa segera melakukan mobilisasi pasca operasi dengan cepat.

"Kalo dulu pas lahiran Arr, dateng ke RS langsung ke ruang bersalin untuk induksi, banyak dipantau CTG, periksa pembukaan dll. Nah kalo sekarang sampe RS langsung check in ke kamar rawat, terus leyeh-leyeh dan CTG aja," tulisnya.

Metode tersebut membuatnya harus mengkonsumsi makanan manis terlebih dulu sebelum tindakan operasi. "Kalo makan udah stop dari jam 10, sekarang 2 jam pre-op (sebelum operasi) harus minum manis: jus apel pake madu super duper manis. Dulu pas lahiran Arr belum ada Eracs, jadi puasanya lama banget 6 jam sebelum op (operasi)," tulisnya.

Ucapan Selamat dari Selebritas

Sejumlah teman dari kalangan selebritas ikut senang dan memberikan ucapan selamat kepada Tasya dan Randi Bachtiar atas kelahiran anak kedua mereka. Tasya dan bayinya juga banjir doa dari teman-teman artis.

"Selamat datang bayi perempuan. Cepat pulih juga mama," tulis Fitri Tropica. "Alhamdulillah. Selamat ya buat kalian semua. Semoga menjadi anak yang sholehah penyejuk hati dunia akherat," tulis Marini Zumarnis. "Alhamdulillah selamat ya sehat-sehat," tulis Audy Item. "Alhamdulillah.. Selamat datang bayi perempuan, selamat ya," tulis Alvin Adam.

Baca:  Tips Memberi Nutrisi untuk Anak ala Tasya Kamila, Perhatikan Asupan Gula

MARVELLA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."