20 Tanda Kamu sedang Jatuh Cinta, dari Penasaran tentang Dia hingga Gugup saat Bersama

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan berkencan. Shutterstock

Ilustrasi pasangan berkencan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cinta itu rumit, dan tidak memiliki definisi apa pun. Tetapi ketika kita bertemu seseorang dan langsung cocok dengannya, kita sering tersesat dalam pikiran dan bertanya pada diri sendiri 'Apakah aku jatuh cinta kepadanya', atau hanya sebatas kagum?' 'Apakah dia akan membalas cintaku', 'Apakah dia tahu aku mencintainya?'. Untuk memudahkan kamu, berikut sejumlah tanda kamu sedang jatuh cinta.

Meskipun cinta tidak dapat didefinisikan dengan kata-kata. Para peneliti telah menemukan bahwa otak orang yang sedang jatuh cinta terlihat sangat berbeda dari orang yang mengalami nafsu. Otak kita mengalami banyak perubahan saat kita jatuh cinta. Ini melepaskan bahan kimia yang terkait dengan sirkuit penghargaan, dan menghasilkan sejumlah besar respons emosional dan fisik termasuk jantung yang berdebar kencang, pipi merah, gairah yang kuat, dan telapak tangan yang berkeringat.

Berikut 20 tanda kamu sedang jatuh cinta.

1. Terus Memikirkan Dia

Begitu kamu terpesona oleh seorang pria, kamu akan memikirkannya sepanjang hari. Mungkin kamu sedang bekerja, atau sibuk dengan aktivitas lain, namun selalu ada dia di pikiran kamu. Orang yang sedang jatuh cinta sering kali menghabiskan sebagian besar waktunya untuk memikirkan kekasihnya. Jadi, jika kamu menemukan diri kamu memikirkan seseorang terus-menerus, kamu mungkin jatuh cinta padanya.

2. Mendedikasikan Waktu untuk Dia

Jika kamu ingin menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengannya, dan hati berdebar setiap kali bersamanya, itu termasuk tanda kamu sedang jatuh cinta.

Mungkin kamu memiliki jadwal yang sibuk, tetapi untuknya, kamu menyusun rencana agar dapat menghabiskan waktu berkualitas dengannya, dan bercakap-cakap. Jika kebersamaannya membuat kamu merasa begitu istimewa sehingga meluangkan waktu dari jadwal untuknya, itu hati yang sedang bicara.

3. Penasaran Ingin Tahu Segalanya Tentang Dia

Apakah kamu ingin tahu bagaimana dia suka menghabiskan akhir pekannya? Jatuh cinta seringkali membuat kita merasa ingin tahu tentang orang lain, dari minat hingga prioritasnya, untuk mengenalnya lebih baik. Jadi, jika kamu sering mendapati diri kamu ingin tahu tentang dia, berarti kamu sedang jatuh cinta.

4. Menganggap Dia Istimewa

Kesempurnaan adalah sesuatu yang tidak dicapai oleh siapa pun, namun bagi seorang wanita yang sangat mencintai suaminya, dia adalah orang yang paling istimewa dan unik di dunia. Saat kamu sedang jatuh cinta, kamu mulai menganggap pacar istimewa dan unik. Keyakinan ini ditambah dengan ketidakmampuan untuk merasakan cinta dan romansa yang intens untuk orang lain.

5. Mengabaikan Sifat Negatifnya

Cinta benar-benar mengeluarkan yang terbaik dari seseorang! Saat jatuh cinta, kita sering mengabaikan sifat negatif seseorang dan mencari sisi positifnya karena itulah yang membuat kita tertarik pada orang lain.

Menurut Journal of Personality and Social Psychology, hubungan cinta lebih berhasil ketika orang mengidealkan pasangannya. Meskipun baik untuk fokus pada atribut positif dari kepribadian seseorang, bukan berati mengabaikan sifat negatifnya yang bisa menjadi tanda bahaya di masa mendatang.

6. Berempati 

Saat jatuh cinta, kemampuan empati orang berlipat ganda sepuluh kali lipat, dan mereka merasakan rasa sakit orang lain sebagai milik mereka. Bila Anda tidak tahan melihatnya kesakitan, Anda mungkin jatuh cinta padanya. Ingat, empati jangan disamakan dengan simpati. Simpati adalah saat kita merasa kasihan dengan keadaan seseorang, sedangkan empati adalah kemampuan kita untuk memahami perasaan seseorang.

7. Memeriksa Ponsel Secara Terus-Menerus

Saat kita tertarik pada seseorang dan berbagi ikatan yang dalam dengannya, kita ingin berkomunikasi dengannya dan berada di sekitar mereka. Jika kamu mendapati diri mengutak-atik ponsel terus-menerus untuk memeriksa pesan atau panggilan darinya, kamu sedang jatuh cinta, girls!.

Apakah kamu merasa senang ketika namanya muncul di ponsel kamu? Jika ya, maka itu berarti kamu jatuh cinta padanya.

8. Gugup di Sekitarnya

Cinta itu bisa membuat kita berperilaku berbeda dan cenderung bertindak gugup di sekitar si dia. 'Apakah rambutku terlihat bagus hari ini? Apakah saya makan dengan cara yang anggun?’ Pertanyaan seperti ini mungkin muncul saat kamu merasa cemas atau gugup di dekatnya dan mengkhawatirkan penampilan kamu. Kecemasan dan kegugupan seperti itu mungkin merupakan indikasi bahwa kamu sedang jatuh cinta padanya.

9. Merasa Aman di Dekatnya

'Apakah aku mencintainya atau gagasan tentang dia?' Memecahkan pertanyaan ini bisa jadi menakutkan bagi kamu. Tapi, kamu bisa mendapatkan jawabannya dengan mengatasi perasaan kamu di sekitarnya. Saat kita jatuh cinta dengan seseorang, kita memiliki rasa nyaman dengannya dan merasa aman. Ketika pria rendah hati, suportif, memesona, dan setia, wanita merasa aman bersamanya.

Tanyakan pada diri sendiri apakah kamu merasa aman secara emosional dan fisik bersamanya. Juga, apakah dia akan melakukan sesuatu untuk melindungimu? Jika ya, itu termasuk tanda kamu sedang jatuh cinta.

10. Nyaman saat Membuka Diri kepadanya

Cinta adalah perasaan murni yang memungkinkan kita membuka kelemahan dan berbagi rahasia dengan orang yang kita cintai. Saat jatuh cinta, kamu tidak berpura-pura menjadi seseorang yang bukan diri kamu. Jika kamu merasa nyaman berbagi rahasia terdalam hingga impian, kemungkinan besar kamu mencintainya. Kepercayaan adalah fondasi pembangunan suatu hubungan, dan terbuka untuknya berarti kamu memiliki keyakinan sepenuhnya padanya.

Baca juga: 10 Tanda Bertemu Belahan Jiwa, Ikatan Batin Kuat hingga Saling Menghormati Batasan

11. Membaca Ulang Percakapan Lama

Kenangan bahagia memperkuat ikatan cinta dan merupakan esensi penting dari sebuah hubungan. Jika kamu mendapati diri kamu membaca kembali teks lama kamu dengannya, atau menghidupkan kembali kenangan manis yang kamu bagikan dengannya, itu berarti tanda kamu sedang jatuh cinta. 

12. Merasa Lebih Energik

Cinta memberimu sayap untuk terbang, dan energi untuk menaklukkan dunia. Kekuatan cinta sejati sedemikian rupa sehingga dapat membuat kamu tak terkalahkan dan cukup percaya diri untuk mencapai hal yang mustahil. Cinta itu seperti ramuan ajaib yang memperkuat semua yang kamulakukan, dan menambah kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup.

13.Tak Selalu Membutuhkan Kata-kata untuk Berkomunikasi

Kamu mungkin merasa canggung dengan keheningan di antara orang asing, tetapi tidak demikian halnya dengan pria yang kamu cintai. Jika kalian berdua nyaman dengan menatap langit, saling menatap, dan menikmati kebersamaan satu sama lain tanpa mengucapkan sepatah kata pun, itu pertanda jelas bahwa kamu mencintainya.

14. Memikirkan Masa Depan Bersamanya

Bila kamu memasukkan dia dalam usaha kamu di masa depan, itu pertanda kamu sedang jatuh cinta padanya. Merindukan persatuan emosional, dan mencari cara untuk memiliki masa depan bersama, adalah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kamu sedang jatuh cinta. Kamu mungkin membuat bepergian bersama, atau menikah.

15. Meminta Bantuannya

Siapa yang pertama kali terlintas dalam pikiran kamu ketika menghadapi masalah? Jika itu dia, maka itu menandakan kamu sedang jatuh cinta padanya. Bila kamu merasa terhibur hanya dengan memikirkan kehadirannya dalam situasi stres, itu berarti kamu menghargai kehadirannya dalam hidup, dan dialah yang spesial.

16. Terpesona dengan Perlakuannya

Cinta mencerahkan kehidupan setiap orang dan melepaskan hormon bahagia, memberikan perasaan euforia setiap kali kamu memikirkannya. Orang yang sedang jatuh cinta memperhatikan detail kecil dari orang lain yang mereka sukai, dan juga tertarik dengan setiap dan semua yang mereka lakukan.

Jadi, jika kamu memiliki senyum cerah di wajah setiap kali berada di dekatnya dan merasa gembira bahkan pada hal-hal kecil yang dia lakukan, kamu sedang jatuh cinta padanya.

17. Bersedia Berkompromi untuk Dia

Tidak ada hubungan tanpa beberapa penyesuaian, kompromi, dan pengorbanan. Ego adalah salah satu pembunuh terbesar dari cinta sejati, jadi, jika kamu mendapati diri membuat sedikit penyesuaian dan kompromi untuknya dengan sukarela, itu berarti dia sangat berarti bagi kamu.

18. Tidak Menemukan Orang Lain yang Menarik

Ketika kamu sedang jatuh cinta, kamu cenderung tidak tertarik pada orang lain. Cinta sejati membuat kita menutup pintu hati kita dan memberikan kuncinya kepada pasangan kita. Merupakan naluri alami untuk berhenti terpikat pada pria lain saat sedang jatuh cinta.

Jika kamu melihat seluruh dunia kamu di matanya, dan tidak tertarik pada orang lain, kamu benar-benar mencintainya.

19. Tak Mengingat Masa Lalu

Sering kali, kita terluka karena hubungan kita di masa lalu, dan pikiran untuk jatuh cinta lagi membuat kita takut. Jika kamu tidak dihantui oleh masa lalumu, dan itu tidak menyakitimu lagi, itu pertanda kamu siap menjalin hubungan yang indah.

20. Kebahagiaan Dia Sangat Berarti

Ketika kamu sedang jatuh cinta, yang kamu inginkan hanyalah melihat mereka bahagia. Jika kamu ingin tahu 'Bagaimana aku tahu aku mencintainya?, tanyakan pada diri sendiri apakah kesuksesannya berarti bagi kamu atau tidak. Temukan juga jawaban apakah kamu akan memilih kebahagiaannya daripada kebahagiaan kamu atau tidak? Jika ya, maka kamu telah menjalin hubungan yang mendalam dengannya.

Jadi, jika kamu berpikir 'Apakah aku mencintainya?', maka cermati tanda-tanda kamu sedang jatuh cinta di atas. Jika dia orangnya, jangan ragu untuk mengakui perasaan kamu dan memulai hubungan cinta dengannya.

PINK VILLA

Baca juga: 15 Bahasa Tubuh Pria Suka Sama Kamu, dari Mata hingga Pelukannya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."