15 Bahasa Tubuh Pria Suka Sama Kamu, dari Mata hingga Pelukannya

Ilustrasi pasangan tertawa. Unsplash/Matheus Ferrero

cinta

15 Bahasa Tubuh Pria Suka Sama Kamu, dari Mata hingga Pelukannya

Sabtu, 12 November 2022 14:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika kamu ingin mencoba mencari cara untuk mengetahui apakah seorang pria menyukai kamu, perhatikan bahasa tubuhnya. Ternyata, bahasa tubuh pria salah satu kunci penting dalam membangun fondasi terdalam, menurut para pakar hubungan. Sebab dari segi komunikasi, bahasa tubuh mengambil persentase lebih dari separuh.

“Komunikasi terdiri 55 persen nonverbal, 38 persen vokal, dan hanya 7 persen kata yang diucapkan,” jelas pelatih kehidupan bersertifikat dan pakar bahasa tubuh Naz Brown. "Jika kita mengikuti apa yang orang katakan, kita hanya memiliki 7 persen dari cerita."

Pada dasarnya, bahasa tubuh adalah penjaga gerbang untuk renungan terdalam seseorang. Beberapa orang tidak terlalu terbuka dengan pikiran dan perasaan mereka, terutama jika perasaan itu termasuk dalam jenis romantis. Itulah sebabnya ahli bahasa tubuh, Traci Brown mengatakan mempelajari isyarat fisik dapat membantu Anda mengetahui apa yang ada di pikiran seseorang.

“Tubuh tidak bisa berbohong. Kata-kata bisa, ”jelasnya.

Kebenaran biasanya terungkap karena beberapa orang lebih baik dalam menunjukkan perasaan mereka melalui gerakan tangan, memiringkan kepala, dan lainnya daripada mengatakannya secara eksplisit.

"Tubuh akan selalu mengungkapkan apa yang tidak dikatakan, dan itulah yang ingin Anda ketahui dalam hubungan apa pun," kata Brown.

Agar kamu tak melewatkan sinyal penting, berikut 15 bahasa tubuh pria sama kamu menurut sejumlah ahli.

1. Dia Meniru Gerakan Kamu

Menurut Traci Brown, orang-orang yang sinkron secara romantis juga biasanya sinkron dengan gerak tubuh satu sama lain. “Mereka akan berjalan selangkah atau menggaruk-garuk kepala pada saat yang bersamaan. Begitulah cara kita terhubung,” jelasnya.

Jika seseorang tertarik, dia benar-benar akan menyalin kamu sampai batas tertentu. “Mereka akan melakukan apa yang kamu lakukan. Misalnya ketika kamu minum, dia juga. Mencocokkan bahasa tubuh menandakan hubungan yang lebih dalam.”

2. Gelisah "Baik"

“Ketertarikan sering kali melibatkan semacam ketegangan yang kita sebut 'stres yang baik,'” jelasnya. "Apakah stres disebabkan oleh sesuatu yang 'baik' atau 'buruk', tubuh memiliki beberapa respons serupa."

Jadi, jika kamu melihat seorang pria memegang leher, topi atau kacamata tanpa sebab, ada kemungkinan besar dia mencoba menenangkan diri agar terlihat keren di depan kamu.

3. Jarang Berkedip

Jika sepertinya orang itu telah menatap cukup lama, itu pertanda baik," catat Naz Brown. "Bukan hal yang aneh bagi seseorang yang mengalami ketertarikan untuk menyelaraskan kedipan mereka dengan orang yang mereka ajak bicara."

Jika orang tersebut tampaknya kurang berkedip, itu adalah cara yang tidak disadari bahwa dia mencurahkan fokusnya padamu. Pada dasarnya, dia tidak ingin berkedip dan melewatkan sedetik pun untuk menatap matamu."

4. Berjalan di Samping Kamu

Jika orang yang kamu sukai terus-menerus dua langkah di depan kamu, itu bisa berarti dia lebih mementingkan diri mereka sendiri daripada kamu, kata Patti Wood, pakar bahasa tubuh dan penulis Success Signals: A Guide to Reading Body Language.

Kecuali dia memimpin kamu melalui ruang yang ramai, jadi dia harus menyesuaikan kecepatannya agar sesuai dengan kamu. Dan lagi, seperti yang disebutkan Traci Brown, jika orang yang kamu sukai berjalan mengikuti kamu, itu adalah indikasi yang baik bahwa dia menggambarkan kamu sebagai satu unit.

Baca juga: Selamatkan Hubungan, Hindari 5 Bahasa Tubuh Ini

5. Melindungi saat Berjalan di Trotoar

Menurut pelatih dan terapis kehidupan, KeVonya Webb-Riley, jika seorang pria berjalan di bagian trotoar yang lebih dekat ke jalan, itu adalah sinyal bahwa dia ingin melindungi kamu.

6. Mengingat Preferensi Sentuhan Kamu

Jika calon pasangan kamu tidak hanya mengingat batasan kamu, tetapi juga preferensi sentuhan kamu, psikoterapis pernikahan dan keluarga Yasmin A. Razek mengatakan itu adalah tanda bahwa dia responsif dan sadar akan kebutuhan Anda.

Misalnya, jika kamu pernah berbagi bahwa kamu suka berpelukan dengan hewan peliharaan kamu setelah hari yang buruk, ini mungkin memberi tahu dia bahwa kamu menghargai waktu berkualitas atau sentuhan fisik. Jika dia kemudian bertanya apakah berpelukan akan membuat kamu merasa lebih baik setelah seharian bekerja keras, Razek mengatakan ini bisa menjadi indikasi ketertarikan.

7. Erat dalam Memeluk

Pelukan bisa membingungkan karena sejumlah orang suka berpelukan, tetapi Betsy Chung mengatakan untuk memperhatikan betapa eratnya pelukan tersebut. Jika dia memberikan pelukan erat yang bertahan lebih lama dari pelukan dua detik biasanya, itu mungkin dimaksudkan untuk menjadi lebih bermakna dan intim.

8. Ekspresi Wajah Dia Sesuai Topik Pembicaraan Kamu

Jika kamu menangis dan dia memiliki senyum beku di wajahnya, atau sebaliknya jika kamu tertawa dan dia terlihat seperti sedih, itu mungkin bukan pertanda terbaik. "Jika ekspresi wajah dia sesuai dengan topik diskusi. Itu [biasanya] berarti dia benar-benar terlibat dan menunjukkan empati yang tulus," kata Dr. Chung.

9. Posisi Duduk Menghadap Kamu

Webb-Riley mengatakan jika orang yang kamu sukai duduk menghadap kamu dalam grup dan berbicara kepada kamu seolah-olah kamu satu-satunya orang di ruangan tersebut, dia mungkin sangat tertarik dengan kamu.

10. Postur Tubuh Terbuka

Perhatikan, jika kaki dibuka selebar bahu, bahu rileks, tangan dan lengan tidak disilangkan, dan rahang tidak dikepal, itu merupakan bahasa tubuh seseorang ingin tahu dan memperhatikan kamu, kata Shamyra Howard, terapis berlisensi dan penulis Use Your Mouth.

11. Memiringkan Kepala

Anda tahu ketika anjing mendengar suara baru yang belum pernah mereka dengar sebelumnya, mereka memiringkan kepala lucunya? Pria yang naksir denganmu bisa menunjukkan gelagat yang sama.

“Saat seseorang memiringkan kepalanya ke samping kamu, itu menunjukkan bahwa mereka penasaran dan menyimak,” jelas Howard.

12. Rileks dalam Bernapas

Saat seseorang bernapas dengan lambat, ini menandakan bahwa dia sedang rileks dan dapat sepenuhnya menjadi dirinya sendiri di sekitar kamu. “Ini pertanda baik, karena hampir semua orang suka merasa nyaman di sekitar pasangannya,” kata pakar hubungan Melissa Divaris Thompson.

13. Tangan Berkeringat

Jika telapak tangannya terasa sedikit berkeringat saat Anda berjalan, ini termasuk bahasa tubuh pria suka sama kamu. “Menjadi gugup adalah tanda bahwa mereka berpotensi tertarik dan tidak ingin mengacaukan apa pun,” jelas Thompson.

14. Wajah Memerah

"Ketika seseorang benar-benar menyukai seseorang, itu dapat menyebabkan reaksi stres dan adrenalin yang dilepaskan dapat menyebabkan kemerahan pada wajah," kata Bennett. Namun sebelum menyimpulkan itu, pastikan si dia tidak dalam kondisi sakit atau pengaruh alkohol.

15. Alis Terangkat saat Melihat Kamu

Perhatikan alis si dia saat berjumpa denganmu. "Jika dia menyukai kamu, segera bukaan mata dia meningkat, membuat alis dia terangkat," kata Wood. Ini juga berarti orang tersebut tertarik pada apa pun yang kamu katakan.

COSMOPOLITAN

Baca juga: Susah-susah Gampang, Kenali 4 Tanda Pria saat Diam-diam Jatuh Cinta dengan Kamu

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika