5 Makanan untuk Atasi Sakit Tenggorokan, dari Sup hingga Es Krim

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi sup ayam dengan jagung, jamur, dan wortel. Foto: Freepik/Jcomp

Ilustrasi sup ayam dengan jagung, jamur, dan wortel. Foto: Freepik/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat sakit tenggorokan, hal terakhir yang mungkin ingin kamu pikirkan adalah menelan apa pun. Akan tetapi, kamu butuh asupan gizi untuk mempercepat pemulihan. Maka dari itu, ada sederet makanan untuk atasi sakit tenggorokan, termasuk sup yang bisa menenangkan dan membantu meringankan gejala lebih cepat. Kuncinya adalah memilih makanan yang tidak menambah iritasi tenggorokan.

Rekomendasi Makanan untuk Atasi Sakit Tenggorokan

1. Sup Hangat

Ilustrasi sup ayam. Pixabay.com/Jason Goh

"Sup hangat adalah obat yang baik untuk sakit tenggorokan," kata Sonya Chawla, dokter penyakit dalam atau internis yang berbasis di Maryland, Amerika Serikat. "Ini tidak hanya menenangkan tenggorokan yang sakit, tetapi juga menghidrasi, yang penting selama sakit."

Namun, memilih jenis sup yang tepat adalah kuncinya.

  •  Pilih Sup dengan Rasa Ringan dengan Bahan Lembut

Cobalah untuk menemukan kaldu dan sup kemasan rendah sodium, terutama yang rasanya ringan dengan bahan lembut, seperti ayam dan sayuran yang dimasak dengan baik.

Ahli diet terdaftar Sydney Greene merekomendasikan "sup yang mengandung bawang putih, bawang merah, jahe dan kunyit, karena memiliki manfaat anti-inflamasi."

  • Hindari Sup Asin dan Pedas

"Hindari sup yang asin, pedas, atau memiliki bahan bertekstur kasar," kata Green. "Sup kalengan bisa tinggi garam dan itu bisa membuat dehidrasi."

Dr. Chawla juga mengatakan apa pun yang pedas bisa sangat mengiritasi, dan sup dengan tekstur kasar, seperti sayuran yang kurang matang, akan melukai tenggorokan yang sudah teriritasi. Sup berbasis tomat bersifat asam dan juga dapat mengiritasi tenggorokan.

2. Minuman Beku

Ilustrasi es krim. Foto: Unsplash/Michelle Tsang

"Minuman beku seperti es krim dan es loli dapat membantu membuat tenggorokan mati rasa sekaligus memberikan hidrasi," kata Dr. Chawla. Es akan membantu membuat tenggorokan mati rasa, menghilangkan rasa sakit atau gatal yang mungkin alami. Es loli buah juga bisa memberikan gizi penting seperti vitamin C yang dibutuhkan saat masuk angin.

3. Smoothie

Ilustrasi smoothie kulit semangka (Pixabay.com)

Smoothie mudah ditelan dan dikemas dengan vitamin dan mineral dari buah dan sayuran pilihan kamu.  Plus, kaya antioksidan dan vitamin C akan membantu melawan sakit tenggorokan lebih cepat.

4. Teh Herbal dan Madu

Ilustrasi teh chamomile. Pixabay.com

Chamomile, hijau, atau teh akar licorice dengan madu adalah obat alami yang bagus. Madu juga membantu melapisi selaput lendir di bagian belakang tenggorokan, yang dapat memberikan kelegaan.

"Ditambah lagi, teh herbal biasanya tidak mengandung kafein, sehingga terhindar dari dehidrasi," tambah Dr. Chawla. "Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sangat penting karena membuat kamu pulih lebih cepat."

5. Makanan Lunak

Ilustrasi telur orak-arik (Pixabay.com)

Makanan lunak seperti kentang tumbuk, oatmeal, atau telur orak-arik adalah cara yang bagus untuk tetap mendapat cukup makanan sambil menyembuhkan sakit tenggorokan. Sebab makanan tersebut mudah ditelan dan tidak akan mengiritasi tenggorokan seperti halnya makanan yang renyah atau keras.

Penyebab Sakit Tenggorokan

"Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh infeksi atau non-infeksi," kata dokter Chawla. "Virus yang menargetkan saluran pernapasan adalah penyebab infeksi paling umum dari sakit tenggorokan."

Penyebab paling umum berikutnya dari sakit tenggorokan adalah infeksi bakteri, seperti radang tenggorokan. Tapi, ada juga penyebab sakit tenggorokan yang tidak menular seperti alergi, radang sinus, refluks asam, paparan asap tembakau dan banyak lagi, kata Dr. Chawla.

Semoga rekomendasi makanan untuk atasi tenggorokan di atas bisa membantu pemulihan lebih cepat.

LIVE STRONG

Baca juga: 6 Makanan yang Perlu Dihindari saat Sakit Tenggorokan, dari Gorengan hingga Keripik

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."