6 Makanan yang Perlu Dihindari saat Sakit Tenggorokan, dari Gorengan hingga Keripik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi gorengan (Freepik.com)

ilustrasi gorengan (Freepik.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sakit tenggorokan bisa menganggu. Selain gatal atau iritasi, sakit tenggorokan juga bikin sulit menelan. Agar tidak bertambah parah, perhatikan ada sejumlah makanan yang perlu dihindari saat sakit tenggorokan. Apa saja itu?

Berikut enam makanan yang perlu dihindari saat sakit tenggorokan.

1. Keripik

Makanan seperti keripik, kerupuk, dan makanan sejenis lainnya terasa tajam saat ditelan dan bisa menambah rasa sakit dan iritasi. Tepi bergerigi dari makanan ini bisa menusuk tenggorokan yang sedang sakit.

2. Buah Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C, yang sangat bagus saat kamu sakit. Namun, jika keasaman buah-buahan segar seperti jeruk, lemon, dan limau meningkatkan rasa geli di tenggorokan saat kamu memakannya, maka sebaiknya dihindari sampai sakit tenggorokan kamu mereda. Jus, es loli, dan smoothie yang dibuat dengan buah jeruk juga dapat menyebabkan iritasi, jadi tunda sementara jika mengganggu kamu.

Untuk meredakan sakit tenggorokan dengan jeruk, peras irisan jeruk ke dalam teh hangat atau ke dalam air hangat dan madu. Kamu juga bisa beralih ke makanan lain dengan vitamin C yang lebih lembut.

3. Makanan Asam

Sama seperti buah jeruk, makanan asam seperti saus tomat bisa mengiritasi tenggorokan. Jika ya, hindari sementara sampai rasa sakit Anda mereda. 

4. Makanan Pedas

Bagi sebagian orang, ketika sakit tenggorokan mereka perlu menghindari saus pedas atau sriracha. Jenis makanan ini mungkin mengiritasi area di tenggorokan yang meradang atau semakin mengiritasi tenggorokan.

5. Sayuran Mentah dan Keras

Batang wortel dan seledri memang sehat, tetapi teksturnya yang keras bisa membuat tenggorokan teriritasi. Maka pilihlah sayuran yang dimasak atau bahkan sayuran yang dihaluskan seperti kentang tumbuk.

6. Gorengan 

Meskipun ayam goreng dan onion ring menggoda selera, lapisan kasarnya bisa mengiritasi sakit tenggorokan Anda. Hindari sampai gejala kamu mereda dan ingatlah untuk memilih makanan yang digoreng dalam jumlah kecil karena itu bukan pilihan yang paling sehat, terutama saat kamu sakit.


Baca juga: Tips Penanganan Awal Sakit Tenggorokan Menurut Dokter

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."