Resep Sup Daun Kelor yang Kaya Gizi untuk Ibu Menyusui dan Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Sup daun kelor ala Chef Yuda Bustara, mengandung antioksidan dan sumber vitamin. (TEMPO/Eka Wahyu Pramita)

Sup daun kelor ala Chef Yuda Bustara, mengandung antioksidan dan sumber vitamin. (TEMPO/Eka Wahyu Pramita)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu pernah mendengar daun kelor? Untuk beberapa orang sayuran ini familiar sebab tumbuhan berdaun bulat kecil ini kerap dijadikan ramuan obat-obatan. 

Bagi kamu yang baru mendengar, daun kelor itu kaya manfaat untuk kesehatan. Menurut ahli gizi Diana F. Suganda, daun kelor kaya akan zat gizi untuk ibu menyusui dan anak pada masa pertumbuhan. Diana mengatakan beberapa penelitian menyebutkan bahwa daun kelor dapat meningkatkan dan melancarkan produksi air susu ibu atau ASI. 

"Selain itu daun kelor juga menjadi sumber vitamin, yang kaya akan antioksidan, mineral, protein, vitamin B6, zat besi, vitamin B2, vitamin A, magnesium, hingga membantu menurunkan kadar gula darah," ucap Diana dalam acara Royco Program Nutrimenu di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Selasa, 28 Januari 2020.

Daun kelor juga bisa dijadikan sebagai bahan membuat sup sehat yang dicampur dengan ragam sayuran seperti wortel dan jagung. Dengan olahan sup, maka daun kelor bisa membantu asupan gizi yang seimbang bagi anak-anak. Anda juga bisa membuatnya di rumah.

Celebrity Chef Yuda Bustara dan aktris Nirina Zubir saat cooking demo resep sup daun kelor di acara peluncuran program Royco Nutrimenu di Jakarta, Selasa 28 Januari 2020. TEMPO/Eka Wahyu Pramita 

Berikut resep sup daun kelor yang dimasak oleh Chef Yuda Bustara

Bahan-bahan: 

  • 50 gram daun kelor
  • 50 gram jagung pipil
  • 2 buah wortel, kupas dan potong dadu
  • 150 gram tahu, potong dadu
  • 4 butir bawang merah, iris tipis
  • 1¼ sdt penyedap rasa ayam
  • ¼ sdt gula
  • 500 ml air

Cara membuat:

1. Didihkan air di dalam panci.

2. Masukkan bawang merah dan wortel mentah yang sudah dipotong dadu, masak selama berapa menit. Lalu masukkan jagung dan tahu, masak hingga matang. 

3. Setelah itu masukan daun kelor, jagung, gula, garam, dan penyedap rasa bila suka. Aduk rata, didihkan kembali.

4. Angkat dan sajikan segera ditemani nasi putih.

Mudah, bukan? Selamat mencoba.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."