Pantang Mundur, Ini Alasan Lee Seung Gi Tetap Gugat Agensi Hook Entertainment

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Lee Seung Gi. (Instagram/@leeseunggi.official)

Lee Seung Gi. (Instagram/@leeseunggi.official)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktor sekaligus penyanyi, Lee Seung Gi akirnya buka suara terkait konflik dengan bekas agensinya, Hook Entertainment. Agensi tempatnya bernaung selama 18 tahun berkarier itu diketahui tidak membayarkan royalti atas musiknya. Melalui unggahannya di akun Instagram pribadinya, terungkap Lee Seung Gi tetap gugat agensi Hook Entertainment.

Unggahan tersebut sekaligus menjadi tanggapan setelah agensi Hook Entertaintment mengklaim sudah membayar royalti yang belum dibayarkan kepada Lee Seung Gi.

"Alasan mengapa saya mengajukan gugatan terhadap Hook bukan karena royalti yang belum dibayarkan. Kerja keras dan keringat seseorang tidak boleh disalahgunakan oleh keserakahan orang lain. Saya pikir menyelesaikan misi ini adalah langkah terbaik yang bisa saya lakukan," ungkap Lee Seung Gi di Instagram, pada Jumat, 16 Desember 2022.

Dengan emosi campur aduk, dia mengatakan akan terus berjuang hingga mendapatkan keadilan di meja hijau.

Dia kecewa dengan langkah Hook Entertaintment yang tiba-tiba mengirimkannya sejumlah uang bernilai 5 miliar Won (Rp59,8 miliar). Dana dianggap sebagai kompensasi untuk royalti yang tidak dibayarkan selama ini.

Meski memiliki nominal besar, Lee Seung Gi berpendapat mantan agensinya terkesan mengecilkan masalah. "Mereka mencoba menyelesaikan kasus ini secara sepihak dengan dalih membayar penghasilan yang belum dibayar," ujarnya.

Royalti akan Disumbangkan

Di tengah masalah tersebut, menariknya Lee Seung Gi mengeluarkan pernyataan bahwa hasil perjuangannya terkait royalti musiknya akan disumbangkan untuk gerakan sosial.

Dimulai dengan dana berjumlah 5 miliar won tersebut, dia akan mendonasikannya kepada masyarakat yang membutuhkan. Mulai pekan depan, dia akan berjumpa dengan sejumlah badan amal untuk memutuskan lebih spesifik donasi tersebut akan disalurkan melalui kanal apa.

Seung Gi menutup pernyataannya itu dengan berterima kasih kepada seluruh penggemar dan orang-orang yang mendukung langkahnya selama ini.

"Terima kasih untuk sekali lagi membuat saya merasa bahwa saya adalah seseorang yang dicintai. Saya akan mengembalikan cinta itu setidaknya sedikit dengan memberikan kembali kepada masyarakat," tutup Seung Gi.

Lee Seung Gi Tak Dibayar selama 18 Tahun

Menurut laporan Dispatch pada akhir November silam, setelah Lee Seung Gi debut pada Juni 2004 dengan album studio pertamanya, ia tidak menerima upah sepersen pun. Padahal, ia telah merilis 27 album dan 137 lagu.

Dispatch juga membagikan laporan laba berdasarkan saluran distribusi dan mengungkapkan bahwa pendapatan musik yang diperoleh Lee Seung Gi antara Oktober 2009 hingga September 2022 sekitar 9,6 miliar Won.

Selain itu, Dispatch pun melaporkan bahwa pernyataan selama lima tahun sejak Juni 2004 hingga Agustus 2009 hilang. Mereka pun berspekulasi bahwa Hook Entertainment menerima 10 miliar Won.

Menanggapi hal tersebut, agensi yang dipimpin Kwon Jin Young itu sempat membantah laporan tersebut. 

Saat itu, Lee Seung Gi diketahui telah mengirimkan sertifikasi konten ke Hook Entertainment untuk meminta pengungkapan transparan atas penghasilannya. Setelah perwakilan hukum Lee Seung Gi merilis pernyataan tambahan yang menyangkal klaim Hook Entertainment, CEO agensi tersebut akhirnya meminta maaf dan mengumumkan bahwa dia akan bertanggung jawab penuh atas perselisihan dengan Lee Seung Gi.

Akhirnya pada pekan ini, Hook Entertainment menindaklanjuti dengan merilis permintaan maaf dan pernyataan bahwa mereka akan membayar semua utangnya pada Lee Seung Gi.

“Pertama, kami dengan tulus meminta maaf kepada Lee Seung Gi, yang merupakan orang yang paling menderita saat ini karena masalah ini,” ungkap agensi itu.

“Seperti yang sudah diketahui secara luas, Hook telah menerima permintaan dari Lee Seung Gi untuk mengungkapkan pendapatan musik digitalnya secara transparan selama periode waktu kontrak eksklusifnya dengan agensi kami, serta pembayaran pendapatan tersebut,” tambahnya.

Agensi itu mengumumkan bahwa minggu ini mereka pun telah mengirimkan data yang relevan kepada Lee Seung Gi dan mencoba mencapai kesepakatan damai dengan artis tersebut.

Sayangnya, agensi tersebut mengatakan bahwa jumlah yang diminta oleh Lee Seung Gi terlalu berbeda dari jumlah utangnya, sehingga agensi itu tidak dapat mencapai kesepakatan bersama.

“Meskipun demikian, Hook tidak menginginkan perselisihan yang berkepanjangan atas penghasilan yang belum dibayar dengan Lee Seung Gi, yang telah lama menjalin kontrak eksklusif dengan kami,” jelas Hook

“Oleh karena itu, selain dari pembayaran pokok sebesar 1,3 miliar won hari ini, kami membayar Lee Seung Gi penghasilannya yang belum dibayarkan sebesar 2,9 miliar won, serta bunga tertunda senilai 1,2 miliar won,” tutupnya.

Dengan demikian, Hook juga telah mengonfirmasi bahwa mereka tidak berutang lagi kepada Lee Seung Gi, dan untuk mengakhiri perselisihan dengan Lee Seung Gi, mereka telah mengajukan gugatan validasi utang ke pengadilan.

Baca juga: Alasan Scarlett Johansson Menggugat Disney untuk Film Black Widow

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."