7 Gaya Anggun Erina Gudono Berkebaya di Rangkaian Pernikahan, dari Warna Pistachio hingga Biru

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Erina Gudono dan Kaesang Pangarep saat acara tasyakuran di Pura Mangkunegaran. (Tangkapan layar tayangan live di kanal Youtube Presiden Joko Widodo)

Erina Gudono dan Kaesang Pangarep saat acara tasyakuran di Pura Mangkunegaran. (Tangkapan layar tayangan live di kanal Youtube Presiden Joko Widodo)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penampilan Erina Gudono berkebaya di rangkaian acara pernikahan dan resepsinya jadi topik perbincangan hangat di masyarakat. Istri Kaesang Pangarep itu tampil anggun dalam balutan ragam model dan warna kebaya. Di setiap penampilannya berkebaya, Puteri Indonesia asal Yogyakarta 2022 itu memakai kain batik cokelat.

Berikut tujuh gaya Erina Gudono berkebaya yang bisa menginspirasi kamu.

1. Kebaya Hijau Pistachio saat Sungkeman

Erina Gudono memakai kebaya kutubaru warna pistachio rancangan Intan Anne Avantie saat prosesi sungkeman. Foto: Instagram/@thebridestory

Sehari sebelum pernikahannya pada Sabtu, 10 Desember 2022, Erina Gudono menjalani sejumlah upacara adat Jawa di kediamannya pada Jumat, 9 Desember 2022. Sungkeman salah satu prosesi yang dijalaninya. Di prosesi tersebut, Erina tampil anggun dalam balutan kebaya kutubaru warna hijau pistachio rancangan Intan Avantie, putri dari bunda Anne Avantie.

Rancangan kebaya tersebut memadukan model klasik dan modern. Di bagian depan tampil klasik dengan model kutubaru, sementara di bagian belakang, tepatnya punggung, ada efek punggung terbuka yang sebenarnya berlapis tulle super tipis.

2. Kebaya Kuning di Upacara Dulangan Pungkasan

Erina Gudono mengenakan kebaya warna emas lembut rancangan Myrna Myura di upacara Dulang Pungkasan. Foto: Instagram/@myrnamyura

Usai jalani sungkeman dan siraman, Erina jalani upacara dulangan pungkasan, ritual pernikahan adat Jawa yang melambangkan tanggung jawab terakhir orang tua kepada anaknya. Di upacara tersebut, Erina memakai kebaya modern warna kuning rancangan Myrna Myura.

Kebaya brokat tersebut memiliki detail potongan dada model love dan dilengkapi kristal berkilau. Kebaya tersebut dipadu dengan kain batik warna krem dan coklat. Ia melengkapi penampilannya dengan selop warna serupa kebaya.

3. Kebaya Lilac di Malam Midodareni

Erina Gudono, calon istri putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep usai acara midodareni di kediamannya Sleman Yogyakarta Jumat 9 Desember 2022. Dok.istimewa

Saat midodareni pada Jumat malam, Erina memakai kebaya brokat warna lilac rancangan Anggi Asmara. Kebaya bahan brokat model kutubaru panjang itu tampak dihiasi payet berkilau. Kebaya tersebut juga tampak dilengkapi aksesori berupa bros susun warna perak modifikasi di bagian dada.

4. Kebaya Putih saat Akad Nikah 

Calon istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono tiba di lokasi akad nikah di Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu, 10 Desember 2022. Youtube/Presiden Joko Widodo

Di momen akad nikah, Erina tampil anggun dalam balutan kebaya modern rancangan Biyan. Kebaya brokat panjang itu juga dihiasi detail kristal seperti kebaya sebelumnya. Ia memakai kain batik coklat sebagai bawahannya.

Penampilan klasiknya itu dilengkapi riasan adat Jawa paes ageng. Istilah atau sebutan paes ageng memang sudah tidak asing lagi. Paes ageng adalah riasan adat tradisional Jawa yang dikenakan oleh sepasang pengantin. 

Jumlah cunduk mentul memiliki makna filosofisnya sendiri. Cunduk mentul merupakan atribut cantik yang menjulang tinggi di kepala pengantin wanita. Jumlahnya mulai dari 1, 3, 5, 7, dan 9. Sementara itu dalam akad nikahnya  Erina memakai paes ageng khas Jogja dengan atribut lima cunduk mentul berwarna perak. 

Merujuk berbagai sumber, dalam riasan paes ageng, setiap atributnya memiliki makna yang begitu mendalam. Ada unsur doa dan makna filosofis pada setiap atributnya. Salah satunya adalah jumlah cunduk mentul (kembang goyang) yang disematkan pada sanggul pengantin wanita.

5. Kebaya Gold di Upacara Panggih

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep (kanan) bersama istrinya Erina Gudono (kiri) menaiki kereta kencana usai prosesi akad nikah di Royal Ambarrukmo, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu 10 Desember 2022. Kaesang dan Erina melangsungkan pernikahan dengan adat Yogyakarta. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Di upacara panggih setelah akad nikah, Erina memakai kebaya modern warna emas atau gold rancangan Asky Febrianty. Kebaya panjang tersebut tampak memiliki detail potongan dada model kotak.

Lewat akun Instagram resminya, pada Sabtu malam, 10 Desember 2022, Asky bagikan video dan keterangan detail rancangannya.

"Detail on @rinagudono Kebaya Pangih today! Senang sekali menjadi bagian di hari istimewa mas @kaesangp dan mba @erinagudono," tulisnya mengawali keterangandi video.

"Detail baju ini memiliki banyak arti dan makna, mulai dari tulisan Aksara, bangunan Mataram, Wayang Indonesia, bunga tulip dan masih banyak lagi lainnya," lanjutnya.

Di video itu tampak lebih jelas setiap detail di kebaya modern berekor panjang itu. Ada aksara Jawa di bagian punggung model V dan ekor kebaya. Detail wayang tampak di sisi kanan dan kiri bagian bawah kebaya.

Di unggahan berikutnya, Asky menunjukkan detail beskap Kaesang. "Detail on mas @kaesangp Beskap di acara pangih hari ini. Sama seperti kebaya mba @erinagudono dalam baju ini memiliki banyak detail cerita di dalam nya yang kami tuangkan dalam bentuk bordir yang sebelum nya sudah kami gambar satu persatu," jelasnya.

Kemudian pada Minggu pagi, 11 Desember 2022, Asky unggah video di balik layar pembuatan kebaya yang dikerjakan oleh sejumlah perajin di workshop-nya.

"Hampir semua proses nya adalah hand made, mengunakan ribuan payet dan ribuan kristal, di gambar satu persatu mengunakan tangan. Di buat penuh kasih dengan harapan mempelai terlihat semakin cantik dan gagah saat mengunakan pakaian kami," ungkapnya.

Di keterangan tersebut, Asky juga menyebutkan bahan yang dipakainya dari Bindu Samtani.

Baca juga: Gaya Kebaya Atalia Praratya hingga Aurel Hermansyah di Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

6. Kebaya Biru di Resepsi Pagi

Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (keempat kiri) dan kedua mempelai pengantin putra bungsu Presiden, Kaesang Pangarep (ketiga kanan) bersama Erina Gudono (kanan) menyalami tamu undangan saat resepsi Tasyakuran di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Ahad, 11 Desember 2022. Acara Tasyakuran itu dibagi menjadi dua sesi, yakni pagi hingga siang dan sore hingga malam untuk menyambut tamu undangan, baik dari kedua mempelai, besan, ataupun tamu kenegaraan. ANTARA/Dhemas Reviyanto

Di hari Minggu, 11 Desember 2022, lokasi acara berpindah dari Yogyakarta ke Solo. Diawali dengan prosesi ngunduh mantu dan kirab, lalu resepsi pagi di Pura Mangkunegaran. Di acara tersebut, Erina tampil bak putri kerajaan dalam balutan kebaya beludru warna biru dongker.

Kebaya model kutubaru panjang tersebut tampak dihiasi motif bunga dari benang emas yang dibuat handmade oleh para perajin. Ia juga melengkapi penampilan kebayanya dengan bros bersusun warna emas. Ia padukan tampilan kebaya klasik itu dengan kain batik coklat.

7. Kebaya Terracotta di Resepsi Malam

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo usai menerima tamu saat resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegara Surakarta, Minggu malam. ANTARA

Di resepsi kedua pada malam hari, Erina tampil mencuri perhatian dengan pilhan warna kebaya yang lebih mencolok dari yang dikenakan pagi hari. Erina memakai kebaya kutubaru bahan velvet warna terracotta. Sama seperti kebaya sebelumnya, kebaya ini juga dihiasi beragam corak seperti daun, bunga, dari benang emas.

Di antara tujuh penampilan Erina Gudono berkebaya, mana yang paling favorit kamu?

Baca juga: Pesona Erina Gudono Pakai Busana Solo Basahan di Acara Ngunduh Mantu

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."