5 Fakta Menarik Sofiatun Gudono, Ibu Mertua Kaesang Pangarep: Dosen juga Pengusaha

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(Paling kanan berhjiab) Sofiatun Gudono, ibunda Erina Gudono sekaligus ibu mertua Kaesang Pangarep. Foto: Tangkap layar Youtube/Presiden Joko Widodo

(Paling kanan berhjiab) Sofiatun Gudono, ibunda Erina Gudono sekaligus ibu mertua Kaesang Pangarep. Foto: Tangkap layar Youtube/Presiden Joko Widodo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari ini, Sabtu siang, 10 Desember 2022, merupakan hari istimewa bagi Sofiatun Gudono, ibunda Erina Gudono. Beberapa menit lalu, dengan wajah bahagia sekaligus haru, Sofiatun mendampingi anak ketiganya menikah dengan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Pendopo Royal Ambarrukmo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Setelah resmi menjadi besan orang nomor satu di Indonesia ini, profil ibu mertua Kaesang Pangarep ini kian dicari masyarakat. Bagi kamu yang ingin mengenal lebih dekat, berikut sejumlah fakta menarik Sofiatun Gudono dikutip dari berbagai sumber.

1. Kota Kelahiran

Sofiatun diketahui merupakan wanita asal Kediri, Jawa Timur. Ia lahir pada 10 Februari 1964.

2. Pendidikan

Dilihat dari akun Facebook-nya, Sofiatun Gudono diketahui menamatkan sekolah menengah atas (SMA) di SMAN 2 Kediri pada 1979. Setelah lulus SMA, Sofiatun Gudono lalu pindah ke Yogyakarta dan berkuliah di Universitas Islam Indonesia (UII) pada 1982.

Pada 1999, Sofiatun Gudono diketahui kembali melanjutkan pendidikannya untuk jenjang Strata 2 (S2) di UGM. Dua tahun selanjutnya, Sofiatun Gudono lulus dari UGM dan resmi bergelar Magister Sains Akuntansi (MSi AKT).

Tak hanya itu, Sofiatun Gudono diketahui juga pernah mengenyam pendidikan di Murray State College, Oklahoma, Amerika Serikat.

3. Pernikahan

Sofiatiun menikah dengan Mohammad Gudono pada 28 Juli 1989. Ayah dari Erina Gudono merupakan profesor, juga Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

4. Orang Tua Tunggal

Sepeninggal Mohammad Gudono yang wafat pada 28 Juli 2016 akibat serangan jantung, Sofiatun praktis menjadi orang tua tunggal bagi keempat anaknya, yakni Allen Gudono, Nadia Sofia Gudono, Erina Sofia Gudono, dan Shania Sofia Gudono.

5. Dosen sekaligus Pengusaha

Tak berbeda jauh dari mendiang suaminya, Sofiatun juga berkarier di bidang pendidikan. Sofiatun merupakan dosen sekaligus rektor di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mitra Indonesia.

Tak hanya menjadi dosen, Sofiatun juga dikenal sebagai pengusaha batik. Butik batiknya "Sophie Boutique" elah berdiri sejak 2005. Tak hanya terkenal di Yogyakarta saja, bisnis milik Sofiatun Gudono itu juga telah sukses berulangkali mengikuti pameran di dalam maupun luar negeri.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Erina Gudono Sungkeman, dari Air Mata hingga Helaian Rambut

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."