5 Fakta Menarik Erina Gudono Sungkeman, dari Air Mata hingga Helaian Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Erina Gudono saat sungkeman dengan ibunda dan kakaknya sebelum siraman. Dok. Keluarga Erina Gudono

Erina Gudono saat sungkeman dengan ibunda dan kakaknya sebelum siraman. Dok. Keluarga Erina Gudono

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Erina Gudono, calon istri Kaesang Pangarep, jalani prosesi sungkeman sebelum siraman di kediamannya Dusun Purwosari, Sinduadi, Sleman Yogyakarta pada Jumat pagi, 9 Desember 2022. Di momen itu, Erina sungkem kepada ibunda Sofiatun Gudono dan kedua kakaknya, Allen Gudono dan Nadia Gudono.

Di momen ini terasa keharuan keluarga mengantarkan perempuan 26 tahun itu memasuki gerbang pernikahan esok hari. Dari tangis haru, usapan lembut di punggung hingga cium hangat di pipi menggambarka aneka rasa dari Erina dan keluarga.

Berikut lima Fakta Menarik Erina Gudono Sungkeman.

1. Diawali dengan Senyuman

Erina awalnya sempat penuh senyum saat mengabadikan foto sebelum sungkeman. Senyuman itu masih menghias wajahnya saat bersimpuh di depan ibunda. Sofiatun pun terlihat masih tersenyum melihat anak ketiganya yang akan dipersunting putra bungsu Presiden Jokowi esok hari.

Erina Gudono didampingi ibu bersiap menjalani prosesi siraman menjelang pernikahan. Dok. Erina Gudono

2. Menangis saat Memohon Maaf kepada Ibunda

Di awal-awal membaca tulisan di atas kertas putih yang disiapkan panitia, Erina masih terdengar tegar. Suaranya mulai terbata-bata menahan tangis saat meminta maaf dan memohon doa restu kepada ibundanya. Ia sempat tiga kali jeda sebelum membaca tulisan kembali.

"Mohon maaf Mama atas segala kesalahan Erina selama ini, Erina mohon izin dan doa restu dan dijauhkan dari segala rintangan dan cobaan, untuk menjalani rumah tangga bersama Mas Kaesang Pangarep," kata Erina sembari menyeka air matanya.

Erina pun berterima kasih kepada ibunya yang selama ini telah sabar merawat dan mengasuhnya dengan penuh kesabaran, keikhlasan dengan limpahan cinta kasih tanpa balas apa pun.

Adapun Sofiatun, ibunda Erina mengatakan telah sepenuhnya memberi doa restu sepenuhnya kepada Erina. "Mama juga minta maaf, sejak papa tiada mungkin Mama ada keterbatasan dalam memberi perhatian kepada Erina," kata ibunda Erina terisak.

Erina Gudono saat sungkeman dengan ibunda dan kakaknya sebelum siraman. Dok. Erina Gudono

3. Momen Haru Minta Izin Melangkahi Kedua Kakaknya

Tangis Erina juga pecah saat memohon restu dan izin kepada kedua kakaknya karena melangkahi dengan menikah lebih dulu. Erina merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. "Maaf kakak, Erina telah mendapat jodoh terlebih dahulu, mohon izin melangsungkan pernikahan besok," tutur Erina.

Allen Gudono, kakak sulung Erina juga sepenuhnya ikhlas dan memberi restu adiknya melangkahi dirinya menikah. "Untuk adik Erina tersayang, kakak ikhlas sepenuhnya dan memberi restu Erina menikah besok," kata Allen. Nadia juga mengucapkan jawaban yang sama saat Erina meminta izin.

Saat Erina sungkem kepadanya, Allen tampak menenangkan Erina lewat usapan lembut di punggungnya. Beberapa kali, Allen juga membisikkan kalimat di telinga adiknya.

4. Helaian Rambut dan Tisu

Usai sungkem kepada Nadia, tampak ada helaian rambut yang terjuntai di samping wajah Erina. Nadia  langsung membantu untuk merapikannya kembali seperti semula. Helaian rambut yang terjuntai itu sepertinya akibat beberapa kali gesekan antara sasakan rambut bagian atas dengan kain anggota keluarganya.

Sebelum sesi foto keluarga usai sungkeman, Erina tampak mengelap sisa air mata di ujung matanya dengan tisu.

5. Sungkem ke Undangan Istimewa

Selain sungkem kepada ibunda dan kedua kakaknya, Erina juga sungkem ke istri Sultan Hamengkubowono X, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, dan istri Paku Alam X, Kanjeng Gusti Bendara Raden Ayu (KGBRAy) Atika Purnomowati. Keduanya tampak duduk di sisi kanan ibunda Erina.

Setelah sungkeman, Erina Gudono jalani prosesi siraman. Dan, malam nanti dilanjutkan dengan prosesi midodareni. Dijadwalkan calon mertua Erina, Jokowi dan iriana, akan hadir di acara tersebut.

PRIBADI WICAKSONO | YOUTUBE

Baca juga: 7 Persiapan Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono, dari Garasi Rumah hingga Gladi Bersih

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."