17 Arti Mimpi yang Paling Umum, dari Mimpi Ular hingga Gigi Copot

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mimpi adalah bunga tidur. Bisa jadi tidak bermakna apa-apa, tapi juga dapat menyimpan makna tersendiri bagi kehidupan seseorang. Apalagi jika mimpi yang dialami jauh dari kesehariannya. Maka dari itu, banyak dari kita yang merasa lega saat mengetahui arti mimpi yang dialaminya.

Jika kamu salah satu di antaranya, Cantika kali ini menghimpun sederet arti mimpi yang paling umum dan sering terjadi.

1. Mimpi Gigi Copot

Mimpi gigi copot dapat menandakan kamu sedang mengalami kurang percaya diri, malu, perubahan, kurangnya kontrol, dan kehilangan atau kesedihan.

Seperti yang dikatakan ahli terapi dan mimpi, Leslie Ellis, kepada Mind Body Green, "Di Amerika Utara, tema mimpi yang paling umum adalah gigi copot—yang tentu saja dapat berarti hal yang berbeda untuk orang yang berbeda—namun artinya mencakup kekhawatiran tentang penampilan, penuaan, dan kehilangan hak pilihan/agresi. Ini semua dapat dikaitkan dengan kekhawatiran tentang sosialitas dan kelangsungan hidup."

2. Mimpi Jatuh

Ketika kamu bermimpi jatuh bisa menandakan stres, kurangnya kendali, rasa tidak aman, ketidakstabilan, dan perjuangan pribadi. "Jatuh adalah motif mimpi yang sangat umum, dan salah satu mimpi paling awal yang dilaporkan oleh anak-anak yang masih sangat kecil," Ellis menjelaskan.

3. Mimpi Dikejar

Ellis mencatat ada bukti yang berkembang bahwa mimpi sebenarnya bisa menjadi cerminan dari keadaan sistem saraf kita. Maka dari itu, mimpi dikejar dapat melambangkan lari dari masalah, penghindaran, dan stres.

"Adil untuk mengatakan si pemimpi aktif dan merasa terancam dalam beberapa hal," kata Ellis.

4. Mimpi Hamil

Mimpi kamu sedang hamil tidak selalu berarti kamu benar-benar hamil. Sebaliknya, tema seputar mimpi kehamilan meliputi tumbuh dan berkembang, kreativitas, pertumbuhan dalam suatu proyek atau hubungan, dan pengembangan pribadi.

Menurut Ellis, kehamilan sering dianggap mewakili proses kreatif. Jadi, jika ada proyek atau tujuan yang sedang kamu kerjakan, itu mungkin diwakili dalam mimpi kehamilan.

Baca juga: 10 Arti Mimpi Hamil tapi Belum Menikah, Dapat Hadiah hingga Stres

5. Mimpi Ular

Sama seperti ular yang berganti kulit, bermimpi tentang ular bisa berarti menghadapi transformasi, penyembuhan, dan kelahiran kembali. Namun, itu juga bisa mewakili orang atau situasi beracun, perubahan atau hal yang tidak diketahui, dan hanya ketakutan akan ular.

"Di negara-negara Amerika Selatan, mimpi yang paling umum adalah tentang ular," ujar Ellis. "Ini mungkin bukan tentang simbolisme (misalnya, taman Eden, berganti kulit), tapi lebih ke arah cara  bertahan hidup. Karena bisa jadi si pemimpi tinggal di daerah yang banyak ular."

6. Mimpi Laba-laba

Arti mimpi laba-laba meliputi penipuan, kebohongan, kritik, orang yang tidak dapat dipercaya, dan ketakutan akan laba-laba.

Menurut penafsir mimpi profesional, Lauri Loewenberg, laba-laba dalam mimpi secara tipikal mewakili semacam penipuan atau jaring kebohongan yang mengelilingi kamu. Jaring laba-laba juga dapat menandakan bahwa kamu merasa terjebak dan alam bawah sadar kamu mencoba memperingatkan kamu tentang situasi atau hubungan yang dapat menjebak kamu.

7. Mimpi Ikan

Ikan adalah simbol spiritual dan religius yang sangat umum, dan ketika ikan muncul dalam mimpi, simbolisme itu sering muncul. Menurut Loewenberg, mimpi ikan dapat berhubungan dengan kehamilan atau kesuburan, "memancing" sesuatu dalam hidup kamu. Kesuburan juga dapat berhubungan dengan kesuburan kreatif.

8. Mimpi Anjing

Loewenberg mengatakan mimpi anjing sering dikaitkan dengan tiga tema utama, yakni hubungan, persahabatan, dan kesetiaan. "Anjing biasanya akan mewakili hubungan atau dinamika yang terjadi dalam suatu hubungan," catatnya. "Dan itu bisa berupa hubungan apa pun, yakni persahabatan, hubungan intim, hubungan kerja, atau hubungan keluarga," tambahnya.

9. Mimpi Lebah

Bermimpi tentang lebah, menurut Loewenberg, sering dikaitkan dengan perasaan "sengatan" dari tindakan atau perkataan seseorang. Jika kamu disengat lebah dalam mimpi, Loewenberg mengatakan itu mungkin diterjemahkan menjadi perasaan sakit emosional yang nyata — tentang seseorang yang membuat komentar menyengat atau menggigit terhadap atau tentang kamu.

"Semakin banyak lebah, maka semakin banyak sengatannya, yang berarti semakin banyak dampak emosional yang ditimbulkannya kepada kamu," katanya.

10. Mimpi Telanjang

Telanjang dalam mimpi dapat menunjukkan bahwa kamu merasa terekspos atau malu, tetapi juga dapat berhubungan dengan keterbukaan, kejujuran, kebebasan, dan membiarkan diri kamu terlihat, tergantung bagaimana perasaan kamu tentang ketelanjangan kamu di dalam mimpi.

11. Mimpi Bercinta

Selain interpretasi yang jelas bahwa kamu mungkin hanya ingin bercinta dengan orang tersebut, mimpi bercinta sering berhubungan dengan perasaan kagum, cemburu, inspirasi, dan penyatuan psikologis.

"Hal utama yang perlu diingat ketika mencoba mencari tahu mimpi bercinta adalah jarang tentang penyatuan fisik yang kamu nginkan, tetapi lebih tentang penyatuan psikologis," ucap Loewenberg.

12. Mimpi Kebakaran

Arti mimpi kebakaran dapat mencakup kemarahan, kemarahan, dan rasa urgensi, tetapi juga hasrat atau transformasi. Sesuatu bisa membuat kamu marah dalam kehidupan nyata, atau kamu bisa merasakan dorongan untuk berubah dan "dilahirkan kembali" dari abu.

13. Mimpi Kematian

Mimpi kematian sering menunjukkan ketakutan, hal yang tidak diketahui, transisi dan perubahan hidup, krisis identitas, serta transformasi. Mimpi kematian juga bagian proses berduka jika kamu mengalami kehilangan.

Faktanya, sebuah studi oleh peneliti mimpi Joshua Black, menunjukkan bahwa mimpi dapat membantu kita memproses trauma kehilangan, berfungsi sebagai cara untuk menjaga hubungan dengan yang berpulang, danmembantu mengatur emosi.

"Salah satu hal yang paling menarik adalah ketika kita kehilangan orang atau hewan peliharaan yang kita cintai, ketika kita bermimpi tentang mereka jadi penghiburan tersendiri," ucap Elllis.

14. Mimpi di Sekolah

Menurut Ellis dan Loewenberg, mimpi sekolah sering menunjukkan stres dan dapat berhubungan dengan masalah yang kamu hadapi, baik dalam urusan pekerjaan atau karier.

"Jika kamu tidak dapat menemukan kelas atau loker di dalam mimpi, itu mungkin karena kamu tidak berada di tempat yang kamu rasa seharusnya dalam karier," jelas Loewenberg.

15. Mimpi Rumah Masa Kecil

Tidak jarang bermimpi tentang rumah masa kecil, mengingat seberapa banyak kehidupan awal kamu di sana. Mimpi rumah masa kecil dapat mengindikasikan bahwa kamu tumbuh dan berkembang, atau mendapatkan kembali bagian dari masa lalu.

"Idealnya, kita melekat pada rumah masa kecil kita karena kenangan yang kita miliki tentang dicintai dan didukung," kata Ellis, menambahkan bahwa ada juga kasus di mana rumah masa kecil kita tidak membawa kembali kenangan indah melainkan kenangan akan kesulitan, bahkan trauma.

16. Mimpi Bepergian

Dari mimpi naik pesawat hingga mengendarai mobil, bisa berarti kebebasan. Mimpi itu juga dapat mewakili semacam gerakan atau momentum yang terjadi dalam hidup kamu.

"Bepergian biasanya mewakili gerakan maju—kemajuan di beberapa area," jelas Loewenberg. Gerakan ini bisa bersifat pribadi atau profesional, serta gerakan geografis literal, tambah Ellis.

17. Mimpi Tornado

Mimpi tornado salah satu simbol mimpi yang paling umum. Jika kamu bermimpi melihat tornado di kejauhan, berarti kamu bertanya-tanya apa penyebab stres kehidupan nyata. Jika tornado secara aktif menyerang dalam mimpi, bearti kamu sedang alami stres di kehidupan nyata.

MIND BODY GREEN

Baca juga: 11 Arti Mimpi Digigit Ular yang Wajib Kamu Tahu

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."