Cara Widi Mulia Kenali Minat dan Bakat Anak, Jangan Batasi Kreativitas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Widi Mulia. Foto: Instagram/@widimulia

Widi Mulia. Foto: Instagram/@widimulia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Widuri Puteri Sasono baru-baru ini meraih penghargaan Aktris Cilik Terbaik di Indonesia Movie Actors Awards (IMAA) 2022. Putri pasangan Widi Mulia dan Dwi Sasono tampak begitu bahagia menerima penghargaan tersebut. Pencapaian Widuri ini tidak terlepas dari peran orang tuanya, dalam menanamkan bakat dan minatnya.

Melalui instagram live Cantika.com pada 26 November lalu, Widi Mulia membagikan pengalamannya dalam menanamkan minat dan bakat kepada tiga anaknya. Menurut Widi sebelum menanamkan bakat dan minat anak, ada tiga hak anak yang harus dipenuhi kebutuhannya yaitu, hak kasih sayang dan perhatian, hak kesehatan, dan kedisplinan.

"Anak harus mendapatkan hak-hak mereka, yang pertama adalah kasih sayang dan perhatian dan yang kedua adalah hak kesehatan," jelas ibu tiga anak ini. Widi juga menegaskan bahwa kesehatan anak dan orang tua juga menjadi sangat penting, baik “yang paling penting adalah sehat fisik dan mental, dan pola disiplinnya diupayakan dari hari ke hari” ucap Widi

Menurut istri Dwi Sasono jika tiga hak fundamental itu terpenuhi, maka keinginan anak untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya akan mengikuti. Pola asuh yang benar juga memengaruhi atas bakat dan minat pada anak menurut Widi, yang nantinya akan terbentuk sendirinya seiring pertumbuhan sang anak.

Widi bercerita bahwa jauh sebelum Widuri memulai karier aktingnya, ia telah memancing minat Widuri dalam hal bermusik “aku percaya, anak yang cerdas dan sehat punya kemampuan dalam mempelajari sesuatu, dan akhirnya anak punya kemampuan baru” jelasnya.

Widi tak berhenti mengembangkan bakat Widuri di sana. Dia juga memperkenalkannya pada hal-hal lain, seperti akting, karena dia yakin tidak boleh ada batasan untuk kreativitas seorang anak. Biarkan mereka mengeksplorasi minat mereka sendiri.

Widi mengungkapkan, dukungan orang tua terhadap keterampilan anak sangat penting "Dukungan orang tua semaksimalnya sangat penting. Kalau orang tua dan anak tidak satu minat atau satu selera, bukan berarti tidak bisa mendukung," ungkapnya.

Widi juga mengungkapkan bahwa tantangan terbesar bagi dirinya dan orang tuanya di sana saat ini adalah perkembangan dunia digital. Widi mengungkapkan memimpin dengan memberi contoh di rumah, membangun ikatan dengan anak-anak dengan meminimalkan penggunaan smartphone.

"Pokoknya jika sudah di rumah aku meminimalisir penggunaan smarthphone seminim mungkin dan menghabiskan waktu yang cukup buat anak-anak, karena aku sendiri terkadang sibuk sama pekerjaan," ujar dia.

Baca: 15 Tahun Menikah dengan Dwi Sasono, Widi Mulia: Ngga Selalu Mesra, tapi Terus Bersama

NADIA RAICHAN FITRIANUR 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."