6 Jenis Olahraga bagi Kamu yang Merasa Introvert, Pilih Yoga Atau Pilates

Ilustrasi wanita melakukan yoga di rumah. Freepik.com/Senivpetro

kesehatan

6 Jenis Olahraga bagi Kamu yang Merasa Introvert, Pilih Yoga Atau Pilates

Rabu, 23 November 2022 22:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Olahraga sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh bagi siapa saja. Berolahraga dalam kelompok sering jadi pilihan untuk bisa berbagi semangat dengan orang lain. Namun, bagi sebagian orang, justru merasa lebih bersemangat atau fokus saat olahraga sendirian, khususnya mereka yang introvert.

Orang dengan kepribadian introvert lebih senang berolahraga secara individu. Kegiatan olahraga yang tidak melibatkan interaksi dengan banyak orang, bisa menjadi pilihan, seperti berikut ini.

1. Yoga

Yoga adalah jenis olahraga yang membutuhkan ketenangan, hampir mirip dengan meditasi. Yoga bermanfaat untuk melatih pernapasan, menguatkan keseimbangan tubuh, merelaksasi otot-otot, melancarkan sirkulasi darah, meringankan mual, dan nyeri punggung.

Jenis olahraga ini sangat cocok untuk introver karena dapat dilakukan di tempat yang tenang dan biasanya terdapat musik pengiring untuk merelaksasi.

2. Pilates

Pilates bermanfaat untuk menjaga bentuk tubuh supaya tetap ideal. Pilates juga berguna membantu peredaran darah agar lancar. Sirkulasi darah yang lancar membuat nutrisi dan oksigen tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh.

Pilates juga dapat dilakukan di rumah tanpa perlu datang ke pusat kebugaran, sehingga olahraga ini sangat cocok untuk mereka yang introver.

3. Jogging

Jogging adalah salah satu kegiatan olahraga yang paling mudah dilakukan. Olahraga ini hanya bermodalkan kekuatan kaki untuk berlari dengan tempo yang ringan. Jogging adalah jenis olahraga yang dapat memberikan banyak manfaat, meskipun terkesan ringan.

Jogging bisa dilakukan di mana saja tanpa memerlukan adanya alat penunjang tertentu. Jenis olahraga ini bisa dilakukan secara individu, sehingga sangat nyaman dilakukan oleh orang yang introver.

4. Bersepeda

Bersepeda juga termasuk jenis olahraga yang bisa dilakukan secara individu. Bersepeda bermanfaat untuk membakar kalori pada tubuh secara maksimal apabila dilakukan secara rutin.

Semakin banyak energi yang dikeluarkan untuk bersepeda, maka semakin banyak kalori yang dibakar tubuh. Ini dihitung berdasarkan kondisi rute, kecepatan, dan waktu yang dihabiskan. Bersepeda dapat membakar sekitar 400-700 kalori per jam.

5. HIIT

High Intensity Interval Training (HIIT) merupakan latihan intensitas tinggi dan biasanya dilakukan bersama dalam sebuah kelompok besar. Namun demikian, olahraga yang bermanfaat mengurangi stres ini membuat semua orang sibuk mengatur napas, bahkan untuk sekadar berbicara pun menjadi hal yang sulit seusai melakukan HIIT. Maka dari itu, HIIT merupakan salah satu jenis olahraga yang cocok buat orang introver.

6. Lari

Terdengar aneh karena memasukkan lari dalam daftar olahraga untuk kaum introver? Jawabannya iya bila tidak dipikirkan dengan cermat.

Harus diakui, terdapat orang yang lebih memilih berlari bersama teman atau dalam grup, tapi ada pula yang cenderung menjalaninya sendiri. Karena pada dasarnya, lari merupakan olahraga yang bisa dilakukan sendiri, maka para introver pun dapat menjalaninya dengan penuh konsentrasi.

Saat lari sendirian, orang introver pun tidak perlu bersosialisasi dengan yang lain. Apalagi, berkat kemajuan teknologi, lari kini bisa dilakukan secara virtual, sehingga menambah kenyamanan mereka yang merasa introver.

Berbicara tentang lari virtual, Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) bersama platform donasi online Ayobantu sedang mengadakan acara Misi Lestari bertema #Mission of the Ocean.

Misi Lestari merupakan kegiatan kolaboratif dalam upaya melestarikan bumi, dengan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk peduli pada alam melalui aktivitas keseharian yang edukatif. Tema Mission of The Ocean selaras dengan gerakan global yang didorong Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada Januari 2021, yang mendeklarasikan 'Dekade Ilmu Kelautan untuk Pembangunan Berkelanjutan 2021-2030' untuk mendukung upaya praktik pengelolaan perairan yang berkelanjutan.

Baca: Tatjana Saphira Mengaku Introvert, Pernah Alami Momen Awkward dan Social Anxiety

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika